Mohon tunggu...
Hen AjoLeda
Hen AjoLeda Mohon Tunggu... Buruh - pengajar dan pegiat literasi, sekaligus seorang buruh tani separuh hati

menulis dan bercerita tentang segala hal, yang ringan-ringan saja

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Abdi Masyarakat dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Peran Perguruan Tinggi dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan

6 Juni 2024   00:11 Diperbarui: 6 Juni 2024   17:26 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Abdimas Mahasiswa STPM Santa Ursula. Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Abdi Masyarakat dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Peran Perguruan Tinggi dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, menjadi pengingat penting bagi kita semua tentang perlunya menjaga dan melestarikan lingkungan

Tantangan besar seperti pemanasan global dan deforestasi membutuhkan perhatian dan tindakan serius dari seluruh elemen masyarakat. Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, memiliki peran penting dalam upaya global untuk mengatasi masalah ini.

Salah satu cara yang efektif untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah melalui kegiatan Abdi Masyarakat yang melibatkan dunia kampus atau perguruan tinggi, di mana mahasiswa dapat terjun langsung ke desa dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Pentingnya Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1974 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya melindungi lingkungan. 

Isu-isu lingkungan seperti pemanasan global, polusi udara dan air, deforestasi, dan hilangnya keanekaragaman hayati menjadi fokus utama peringatan ini. 

Di Indonesia, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi momentum untuk mengevaluasi upaya yang telah dilakukan dan merancang strategi baru untuk menghadapi tantangan lingkungan.

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi
Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Peran Indonesia dalam Pelestarian Lingkungan

Indonesia memiliki peran krusial dalam menjaga kelestarian lingkungan global. Dengan hutan hujan tropis yang luas, terumbu karang yang kaya, dan keanekaragaman hayati yang tinggi, Indonesia berkontribusi signifikan terhadap stabilitas iklim global dan kesehatan ekosistem. 

Namun, Indonesia juga menghadapi masalah lingkungan yang serius seperti deforestasi, kebakaran hutan, dan pencemaran. Oleh karena itu, upaya pelestarian lingkungan di Indonesia memerlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk perguruan tinggi.

Abdi Masyarakat sebagai Solusi

Abdi Masyarakat adalah kegiatan di mana mahasiswa turun langsung ke masyarakat untuk menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun