Mohon tunggu...
Helmi Agustiyani
Helmi Agustiyani Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi Menggambar, Melukis, Editor

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Kegiatan Cooking Class

4 November 2022   21:22 Diperbarui: 4 November 2022   21:52 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran pada anak usia dini merupakan proses interaksi antara anak, orang tua, atau orang dewasa lainnya dalam suatu lingkungan untuk mencapai tugas perkembangan anak (Hartati, 2007:42). Pembelajaran pada anak usia dini harus dirancang menjadi pembelajaran yang menyenangkan agar anak dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. 

Salah satu kemampuan yang penting bagi anak yang perlu dikembangkan adalah kemampuan matematika. Matematika merupakan ilmu yang mempelajari sifat serta pola angka-angka. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan anak dengan matematika terutama dalam hal berhitungnya, misalnya ajak anak menghitung jumlah hewan atau pakaian. 

Ajari juga tentang perkalian, pengurangan, pembagian, dan lain sebagainya. Lakukan ketika anak sedang bermain. Intinya, berikan pandangan tentang matematika pada anak sedini mungkin. Sebab matematika erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari (Sovia, 2015:90).

Berhitung merupakan bagian dari metematika dan dasar dari pengembangan kemampuan matematika. Berhitung adalah kemampuan yang dimiliki anak dalam mengurutkan bilangan atau membilang dan mengenai jumlah untuk mengembangkan keterampilan yang sangat diperlukan sehari-hari. Keterampilan berhitung yang dimiliki anak usia dini berada pada tahap berhitung permulaan. 

Susanto (2011:99) berpendapat bahwa pada masa ini anak berada pada tahap berhitung permulaan yaitu anak berhitung dengan benda-benda dari lingkungan permulaan, yaitu anak berhitung dengan benda-benda dari lingkungan yang terdekatnya dan situasi permainan yang menyenangkan, tujuannya anak mampu bekerja dengan bilangan. 

Pada usia enam tahun, anak mulai berkembang konsep bilangan sampai pada peningkatan ke tahap pengertian mengenai jumlah, konsep jumlah berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan, semakin tinggi kemampuan anak, maka semakin mudah untuk memecahkan masalah yang lebih rumit. 

Mengingat begitu pentingnya kemampuan berhitung, maka kemampuan berhitung ini perlu diajarkan sejak dini, dengan berbagai media dan metode yang tepat dan menyenangkan.

Salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran terutama dalam berhitung yaitu metode demonstrasi. Metode demonstrasi dapat dilakukan dengan cara mempertunjukkan atau memperagakan suatu cara atau suatu keterampilan pada anak (Al-Tabany, 2011:96). 

Ada banyak kegiatan yang dapat digunakan dalam menerapkan metode demonstrasi, salah satunya yaitu kegiatan cooking class. Cooking class merupakan kegiatan memasak yang diharapkan dapat menarik minat anak ke arah pembelajaran yang menyenangkan.

Memasak adalah salah satu cara untuk belajar matematika, karena cooking class dapat meningkatkan kemampuan berhitung atau matematika anak. Kegiatan cooking class yang dilaksanakan sejak dini sangat bermanfaat bagi anak untuk mengembangkan seluruh potensi yang ada pada diri anak tersebut (Juniyanasari dkk., 2015). 

Saat memasak, tanpa terasa anak belajar berhitung, misalnya menakar resep makanan seperti tiga buah pisang, empat butir telur, satu sendok mentega, dan lain sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun