Mohon tunggu...
Helga Kusuma
Helga Kusuma Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Tugas Bahasa Indonesia Buku Ismail Murahimin

13 Oktober 2022   19:23 Diperbarui: 13 Oktober 2022   19:24 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Model: 10
            DONGENG KURA-KURA DAN SIPUT
           
Pada suatu hari yang cerah, kura-kura yang sedang berjalan dengan santai di pinggir sungai. Disana ia bertemu dengan Siput yang merangkak dengan lambat. Kura-kura tersebut lalu datang menghampiri Siput dengan langkah yang agak terburu-buru.

"Hai siput," kata si Kura-kura dengan sombong. "Apakah kamu berani adu cepat denganku?"

Mendengar pertanyaan itu, Siput tentu saja terkejut. Ia merasa diejek oleh kura-kura. Walaupun begitu, Siput menerima ajakan Kura-kura.

"Baiklah, Kura-kura," kata Siput yang menerima ajakan Kura-kura itu. "Aku terima ajakanmu. Tapi jangan malu ya, kalau nanti justru kamu sendiri yang kalah."

"Hahahaha," seketika Kura kura tersebut tertawa mendengar ucapan Siput. "Mana mungkin aku yang kalah,! kamu bisa mengalahkan aku, Siput? Kamu adalah hewan perangkak yang sangat lambat."
("kata si siput dalam hati") Padahal kura-kura juga lambat!.

Mendengar hal itu, bukannya membatalkan ajakan Kura-kura, Siput justru makin menantang Kura-kura. "Baik, tentukan saja kapan kita akan berlomba!"

"Hari Minggu besok, di sini," kata Kura-kura. "Pasti akan ada yang melihatku memenangkan lomba. Catat itu." Kata si Kura-kura itu, lalu bergegas pergi dengan tertawa.

Sambil menunggu hari perlombaan, Siput mengatur taktik agar Kura-kura bisa merasakan rasa angkuh dan sombongnya dengan kekalahan. Ia segera mengumpulkan semua siput yang ada di sekitar sungai. Mereka semua tentu saja ingin Kura-kura kalah.

Dan ketika itu, Kura-kura tidak pergi begitu saja akan tetapi kura-kura tersebut sengaja mengikuti si siput yang sedang berjalan ke arah sungai tersebut dan ia curiga apa yang akan di lakukan dengan siput bersama teman temannya

Dan diam diam kura-kura itu mengikuti si siput dan ternyata ia merancang strategi untuk bisa mengalahkan kura-kura bersama temannya yang sedang berkumpul.

Kura-kura tersebut menguping apa yang di bicarakan oleh para siput tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun