Mohon tunggu...
Helga Evlin Zendrato
Helga Evlin Zendrato Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pecinta Tinta

Berteman dengan langit gelap yang urung lelah untuk menjadi penyintas.

Selanjutnya

Tutup

Nature

Mari Melihat Kebun

29 Oktober 2021   07:06 Diperbarui: 29 Oktober 2021   07:11 109 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Level organisasi kehidupan dimulai dari molekul yang tersusun dalam atom yang membentuk organel. Organel-organel yang bersusun menjadi sel, sel-sel yang menyatu menjadi jaringan, organ, sistem organ, organisme sampai tingkatan tertinggi yang disebut dengan biosfer.  Makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, dan manusia dapat berinteraksi di dalam sebuah ekosistem. Namun, perlu diketahui bahwa ekosistem terdiri atas dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terbentuk secara kompleks dengan susunan dan fungsinya, tanpa adanya campur tangan manusia. Berbeda dengan ekosistem buatan yang dengan sengaja ditata dan didayagunakan oleh manusia seperti ladang, sawah, kolam, dan sebagainya.

Nah, gambar di bawah ini merupakan salah satu contoh dari sebuah ekosistem. 

Pada gambar, kita dapat mengetahui adanya hubungan lingkungan dengan makhluk hidup di dalamnya. Ada yang bisa menebak gambar tersebut tergolong sebagai ekosistem alami atau ekosistem buatan?
Ya, bukan ekosistem alami.
Ya, tepat sekali. Di atas merupakan contoh ekosistem buatan. Saya menyebutnya kebun (mohon klarifikasi bila ada nama yang tepat untuk gambar di atas) dikelola dengan menggunakan sistem irigasi (pengairan).
Tampak beragam jenis sayuran yang ditanami di atas sebuah lahan. Lahan ini dikelola dengan baik oleh para petani. Namun, Anda akan kesulitan menemukan petani di gambar ini karena saya memotretnya saat mereka sedang dalam perjalanan. Berbagai jenis sayuran yang terdapat di lahan ini, seperti kangkung, bayam, sawi, dan masih banyak lagi. Sayuran-sayuran ini dapat menjadi sumber makanan bagi manusia. Selain itu, sayuran dengan jenis tertentu juga dapat menjadi sumber makanan untuk hewan. Sayuran kangkung dan sawi menjadi sumber makanan bagi kura-kura.

Nah, untuk rantai makanan yang terjadi pada proses gambar di atas bisa diselidiki secara mandiri ya.
Tugas kita sebagai manusia terhadap ciptaan lainnya dan lingkungan yaitu mengerjakan mandat untuk memelihara dan mengelola pemberian Tuhan dengan baik.  Manakah foto Anda dan lingkungan Anda? Apakah masih hijau?:)

29 Oktober 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan