Mohon tunggu...
helda
helda Mohon Tunggu... Administrasi - Universitas Siber Asia

Berbuat baiklah tanpa memikirkan alasannya

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Peran Sosial Media dalam Strategi Marketing

26 November 2022   09:20 Diperbarui: 26 November 2022   09:49 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Teknologi di masa sekarang berkembang dengan pesat, adanya sosial media merupakan sarana berkomunikasi warga  tidak hanya secara langsung bertemu akan tetapi dapat dilakukan dengan daring lebih mempemudah serta menghemat waktu, saat ini telah banyak software sosial media yang tersedia pada smartphone yang dipergunakan masyarakat masa kini untuk berkomunikasi.  Dengan adanya sosial media berbasis internet sebagai wadah dalam memasarkan produk, digital marketing bisa dilakukan dengan mudah.

Aktivitas digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang memakai media digital menggunakan internet yang memanfaatkan media berupa web, sosial media, e-mail, mobile serta digital tv, guna meningkatkan target konsumen dan  dapat mengetahui profil, perilaku, nilai produk, serta loyalitas konsumen dalam mencapai tujuan pemasaran.


Peranan sosial media sangat penting dalam strategi digital marketing dimana masyarakat dunia memakai sosial media menjadi bagian dari gaya hidup, sehingga menjadi peluang para pelaku bisnis dalam memasarkan produknya dengan memperluas jaringan sosialnya, menyebarkan produk awareness melalui konten yang diunggah pada sosial media.

 Kita dituntut untuk menguasai berbagai teknologi informasi, supaya mampu bersaing pada persaingan global dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan  teknologi dapat membuat produk yang  kita pasarkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemangku bisnis dituntut supaya lebih kreatif dalam mempromosikan produknya hal ini dikarenakan sosial media merupakan wadah yang tepat untuk promosi, yang memiliki respon cepat dan langsung dengan konsumen.

Manfaat sosial media yang didapatkan dalam melakukan pemasaran produk

  • Menghubungkan pembuat dan  konsumen pada internet
  • Penggunaan sosial media yang fleksibel bisa dilakukan kapan saja dan  dimana saja
  • Sosial media yang dimanfaatkan untuk digital marketing dapat membuat penjualan yang tinggi
  • Pemasaran melalui sosial media dapat menghemat pengeluaran
  • Sosial media dapat mengaktifkan layanan pelanggan secara langsung
  • Membantu agar memiliki pendapatan yang tinggi

Untuk pengembangan bisnis memerlukan strategi yang tepat, dan  analisis data yang kuat dari sosial media. Analisis data yang dilakukan, seperti analisis jangkauan yang luas dalam sosial media, target market, dan sebagainya, sehingga informasi yang dihasilkan bisa dipergunakan menjadi dasar pengambilan keputusan para pemangku bisnis salam menjalankan operasional usahanya agar tepat sasaran.

Dalam perkembangannya, usaha yang dijalankan akan selalu mengaitkan sosial media menjadi salah  satu sarana yang paling efektif untuk berpromosi. Sosial media untuk marketing mempunyai peran paling penting di era digital sekarang ini, selain mudah untuk digunakan, biaya yang diperlukan juga cukup terjangkau.

Helda restati
Mahasiswa Universitas Siber Asia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun