Mohon tunggu...
Heddy Yusuf
Heddy Yusuf Mohon Tunggu... Ingin jadi orang bijaksana, eh..jadinya malah Bijak sini - Bijak situ...

Tulislah apa yang mau kau tulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Heigel Apresiasi Ketua PKB Desak Pemkab Karawang Selesaikan Kasus PT AJS

23 April 2021   10:09 Diperbarui: 23 April 2021   20:00 215 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Heigel Apresiasi Ketua PKB Desak Pemkab Karawang Selesaikan Kasus PT AJS
Dok DPRD Jawa Barat

PUBLIK TERSENTAK, Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang Jawa Barat di demo besar-besaran, kurang lebih 1.600 karyawan PT. Anugerah Jaya Sedaya (AJS) geruduk kantor Bupati Cellica Nurrachadiana. Mereka ingin mengadukan nasib buruk dan nasib sialnya sebagai pekerja (buruh), usia produktif pemuda-pemudi Karawang yang malang.


Tapi perwakilan pendemo disambut oleh Wakil Bupati Aep Syaepuloh, yang mau mendengarkan aspirasi karyawan. Juga di hadiri pihak Disnakertrans dan Sat Intelkam Polres Karawang, pada Rabu (24/03/2021) lalu.

Di situ terungkap, saat Karang Taruna dan perwakilan pekerja menyampaikan permasalahan bahwa para pekerja tidak dibayar upahnya oleh PT. AJS walau sudah berkali-kali dijanjikan akan dibayar.

Pada tanggal 24 Maret 2021 itu, sesuai tanggal jatuh tempo yang di janjikan perusahaan akan membayar, tapi pihak perusahaan malah menutup pintu gerbang dan pekerja tidak bisa masuk.

Di pihak Pemda, Wabup Karawang menyampaikan. Pemda tidak bisa melakukan langkah penutupan perusahaan apabila belum ada pelaporan dari para pekerja yang merasa dirugikan. Tetapi langkah kongkrit telah diambil oleh Pemda dalam rangka penanganan permasalah di PT. AJS tersebut.

Sementara Kasat Intelkam Polres Karawang menyarankan agar dibuatkan surat kuasa dari para pekerja kepada Karang Taruna untuk membuat laporan kepada kepolisian.

Solusi Disnakertrans Kabupaten Karawang akan mengundang OPD terkait untuk membahas penanganan permasalahan di PT. AJS dan perwakilan pekerja dapat hadir dalam pertemuan tersebut.

Menurut Dian Nugraha selaku pengurus Karang Taruna yang juga hadir dalam pertemuan rapat, kepada awak media mengatakan, para tenaga kerja perusahaan AJS sudah memberi kuasa kepada Karang Taruna Karawang untuk advokasi penyelesaian permasalahan yang di alami oleh karayawan, atas saran dari Kasat Intelkam Polres untuk membuat LP.

"Tapi besok rencananya pihak Disnakertrans akan memanggil pihak perusahaan AJS dan kami akan selalu mendampingi para pekerja sampai selesai permasalahannya," kata Dian.

Rapat Mediasi yang Buntu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x