Mohon tunggu...
Heddy Yusuf
Heddy Yusuf Mohon Tunggu... Ingin jadi orang bijaksana, eh..jadinya malah Bijak sini - Bijak situ...

Tulislah apa yang mau kau tulis

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Pilkada Karawang 2020, Pasangan Serasi Gina Swara-Yayan Mulyana

4 Februari 2020   08:51 Diperbarui: 4 Februari 2020   22:04 125 0 0 Mohon Tunggu...

Karawang Kompasiana - Suhu politik di Kabupaten Karawang semakin memanas, dan "membara" jelang proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) "ketegangan politik" gesekan antar kaum menengah atas, elite menuju Pilkada yang bakal digelar bulan September tahun 2020 ini. 

Adalah H. Yayan Mulyana, S.Si., MBA, yang telah membulatkan tekad untuk turut maju "bertarung" sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Karawang di Pilkada Karawang 2020. Yayan dikenal sebagai seorang konsultan bertaraf Nasional bahkan Internasional, pengusaha sukses, asli putra daerah yang lahir di Karawang.

Saat diwawancara wartawan di Restoran Alam Sari dalam acara Sillaturrahmi dan Temu Kangen Yayan mengatakan, alasan dirinya siap menjadi Cawabup karena telah mendapatkan dukungan dan restu dari berbagai pihak, baik dari tokoh masyarakat, tokoh politik, tokoh agama, generasi millenial, khususnya mendapat dukungan penuh doa-restu dari pihak keluarga besar yang memang sudah populer di Kabupaten Karawang.

Dukungan dari Keluarga Besar 

Selain dikenal sebagai konsultan, Yayan dikenal sebagai ahli di bidang pembangunan konstruksi, jembatan, bendungan dan lain yang sejenis.  Yayan telah malang-melintang ke mancanegara. Bukan hanya Nasional tapi sekaligus Internasional. Dalam pengalaman pekerjaannya keliling Eropa, kota-kota besar di negeri Belanda, Jerman, Inggris, Prancis, Itali dll, kerap disinggahinya.

Masyarakat Karawang juga mengenal Yayan sebagai menantu dari Mantan Wakil Bupati Karawang (periode 2000-2005), dan pada 2005 pernah menjabat sebagai Bupati Karawang (sementara), yakni, Drs. H. D. Shalahudin Muftie, M.Si, politisi senior, mantan Ketua Partai Golkar.

Selain itu, Yayan dikenal pula sebagai "adik kandung" Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Drs. H. Acep Jamhuri, M.si. yang sangat populer sebagai tokoh masyarakat religius, ketua DKM Masjid Agung Syech Quro Kabupaten Karawang.

Menurut pengamat sosial, politik, ekonomi dan bisnis di Kabupaten Karawang, Heigel mengatakan, dengan backround  status sosial yang demikian itu, maka wajar saja Yayan Mulyana mencalonkan diri sebagai Wabup di Pilkada 2020. "Pak Shalahudin Muftie sebagai mertua Yayan pastinya tidak akan tinggal diam. Masyarakat Karawang bisa lebih mudah diyakinkan, pastinya tokoh-tokoh politisi senior di Golkar akan mendukung habis-habisan Yayan Mulyana," kata Heigel.

Yayan Sebagai Deklarator PAN

Disudut lainnya, Yayan Mulyana bersama Drs H Cici Sanusi MBA oleh masyarakat Karawang dikenal sebagai deklarator Partai Amanat Nasional (PAN). Pada waktu itu awal pasca reformasi 1998.

Kini Yayan Mulyana telah kembali ke Karawang, salah satu putra terbaik di  Kabupaten ini menyatakan siap, mantap mencalonkan sebagai Cawabup. "Saya sudah siap dan mantap untuk mencalonkan sebagai Wabup, Alhamdulillah semua rekan, sahabat, teman-teman dari berbagai kalangan, khususnya keluarga besar saya banyak yang mendukung," tegasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN