Mohon tunggu...
Medic Information
Medic Information Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Memberikan informasi seputar kesehatan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Peran Internet dalam Elektronic Health

17 Juli 2022   20:03 Diperbarui: 17 Juli 2022   20:08 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tidak semua masyarakat Indonesia memiliki akses informasi mengenai vaksin, penyakit dan virus yang berdampak pada kesehatan tubuh. Banyak dari mereka yang mungkin tidak peduli terhadap kesehatan sendiri. 

Dengan adanya internet IndiHome dan aplikasi atau layanan kesehatan secara online dapat memudahkan masyarakat untuk mencegah maupun mengetahui gejala-gejala penyakit sebelum terlanjur kronis. Adanya e-health yang berisi layanan kesehatan atau informasi medis akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Layanan kesehatan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah electronic health atau e-health yang merupakan layanan kesehatan secara online dengan dilengkapi berbagai fitur.

 E-health sendiri telah ada sejak tahun 1999 dan dikelompokkan sesuai jenisnya. Antara lain untuk konsumen, penyedia layanan kesehatan, para peneliti dan pendidik sebagai sarana pendidikan jarak jauh. 

E-health juga memiliki beragam fitur yang sangat bermanfaat untuk membantu perawatan medis atau sebagai penyedia informasi kesehatan. Apa aja sih manfaat e-health?

1. Penyedia Layanan Informasi Kesehatan

Selama pandemi banyak sekali berbagai berita hoax yang beredar mengenai vaksinasi maupun Covid-19. E-health mampu memberikan informasi dan meluruskan berbagai hoax tersebut. 

Disamping itu, e-health juga dapat digunakan untuk sumber ilmu pengetahuan medis, kesehatan masyarakat dan penyedia informasi melalui jaringan internet seperti IndiHome.

2. Jembatan Antara Dokter Dengan Pasien

Karena berbasis online, e-health dapat diakses dengan mudah. Mulai dari konsultasi lewat chat, video call, voice call dengan dokter, penyedia asuransi, dokter hewan, dan psikolog yang dapat dilakukan melalui platform penyedia layanan kesehatan online. Pasien akan dikenakan sejumlah tarif untuk melakukan booking terlebih dahulu kepada dokter pilihan pasien. 

Saldo akan terpotong secara otomatis dengan durasi sesi percakapan terhitung setelah 30 menit sampai 1 jam setelah sesi dimulai hingga dari pasien atau dokter mengakhiri sesi percakapan tersebut. Dokter akan memberikan catatan dan rekomendasi obat yang sesuai dengan kondisi medis pasien.

Source: Pixabay
Source: Pixabay
3. Memudahkan Pelayanan Kesehatan

Berbagai fitur telah ditambahkan dalam e-health. Seperti apotek online sampai layanan medis dan lab juga tersedia. Apotek online adalah bentuk kerjasama antara platform penyedia layanan kesehatan dengan jasa layanan pesan antar. Sedangkan untuk layanan lab sendiri bagi pasien yang berhalangan datang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan