Mohon tunggu...
Hazmi AbdulMugni
Hazmi AbdulMugni Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan KKN Tematik dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Resitasi di SD Negeri Cibangbay

1 Agustus 2021   05:05 Diperbarui: 1 Agustus 2021   07:33 53 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan KKN Tematik dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Resitasi di SD Negeri Cibangbay
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Suatu Menjalankan kegiatan KKN  merupakan bukti nyata kecintaan terhadap nusa dan bangsa untuk meninggikan harga dan martabat negri tercinta ini, dengan prinsip mencerdaskan anak bangsa supaya unggul, bisa bersaing, berwawasan luas serta berakhlakul karimah dll.

Keadaan situasi yang terdafat di SDN Cibangbay masih kental dengan budaya-budaya dan tradisi-tradisi leluhur sepertikan adanya tahlil, nikahan khas sunda. Adapun dengan kegiatan belajar mengajar yang diterapkan masih merangkak melihat kondisional yang ada dilapangan disaat pengimplementasian secara Daring "googlemeet, googleclass, zoom meeting, quizizz" dimasa pandemi ini, karna masih banyak siswa-siswi yang minim akan adanya Handphone.

Waktu pelaksanaan kegiatan KKN kami membantu dengan beberapa program yang akan diterapkan di SDN Cibangbay yang beralokasikan di Kel Setiawargi Kec. Tamansari Kota. Tasikmalaya Jawabarat yang diantaranya yaitu :

  • Penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di SD Negeri Cibangbay
  • Pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran SD Negeri Cibangbay Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di SD Negeri Cibangbay
  • Mendesain, membuat, melengkapi  dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan.
  • Membantu administrasi sekolah secara daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan

Dari berbagai program tersebut, kami membuat kegiatan pembelajaran menggunakan metode resitasi bagi para siswa-siswi SDN Cibangbay yaitu dengan engajar dengan siswa diharuskan membuat resume tentang materi yang sudah disampaikan guru, dengan menuliskannya pada kertas dan menggunakan bahasa sendiri ketika mempelajari tematik tema 1 subtema 1 pelajaran 1 "perkembangbiakan tumbuhan secara generatif" guna untuk memunculkan pemikiran yang kuat dan berkembang bagi siswa-siswi SDN Cibangbay.

Alhamdulillah, disaat penerapan menggunakan metode resitasi para siswa-siswi antusias dalam pengerjaannya hingga membuahkan minimnya 1 paragraf 2 paragraf membuat resume dengan bahasa sendiri.

Terimakasih 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x