Mohon tunggu...
Hayyun Nur
Hayyun Nur Mohon Tunggu... Penulis - Penulis dan Pemerhati Sosial

Seorang penulis frelance, peminat buka dan kajian-kajian filsafat, agama, dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Saya dan Gereja (2)

9 Mei 2021   08:00 Diperbarui: 9 Mei 2021   08:31 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Saya dan Gereja (2)

-Hayyun Enz ZSaVana-

Malam itu performa saya memang prima. Maklum saja. Materi pidato sudah saya siapkan dengan baik beberapa hari sebelumnya.  Didukung pula dengan  sound system gereja yang betul-betul apik. Nyaris tak ada storing. Apalagi noise. Seperti yang kerap terdengar pada sound system di rumah-rumah ibadah lainnya.

Menyampaikan pidato di hadapan jemaat Natal semembludak itu, menjadi tantangan tersendiri. Terlebih bagi seorang muslim seperti saya. Tantangannya terberatnya,  bagaimana meramu ayat-ayat dari dua kitab suci sekaligus. Alquran  dan Bible tanpa harus menimbulkan kontroversi apalagi sampai keseleo mengarah ke penodaan agama.  Tapi untunglah tantangan itu bisa saya lewati dengan baik.

Jadilah saya menyampaikan tentang sejarah panjang persahabatan dan persaudaraan umat Kristen dengan umat Islam. Persahabatan dan persaudaraan kemanusiaan yang sudah  dimulai sejak masa Islam paling awal. Ketika Islam masih merupakan benih yang baru tumbuh menyemai di Makkah. Di saat hijrah pertama dari Makkah, Jazirah Arabia ke Habasyah (Ethiopia), Jazirah Afrika.

--Bersambung--

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun