Mohon tunggu...
Hayyun Nur
Hayyun Nur Mohon Tunggu... Penulis dan Pemerhati Sosial

Seorang penulis frelance, peminat buka dan kajian-kajian filsafat, agama, dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menurut Al-Quran, Ternyata Adam Dilahirkan (2)

26 April 2019   03:42 Diperbarui: 26 April 2019   03:46 0 0 0 Mohon Tunggu...

Menurut al-Qur'an, Ternyata Adam Dilahirkan (2)

--Hayyun ZSaVana--

b. Ali Imran 3: 59

Sesungguhnya misal (penciptaan) `Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.

Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ayat ini menegaskan analogi penciptaan Isa yang identik dengan penciptaan Adam. Keduanya sama-sama dari turab dengan kalimat "kun fayakun" dan mengalami proses alamiah. Terlahir dari rahim seorang ibu.

c. Al-Kahfi 18: 37

Kawannya (yang mukmin) berkata kepadanya - sedang dia bercakap-cakap dengannya: "Apakah kamu kafir kepada (Tuhan) yang menciptakan kamu dari TANAH (TURAB), kemudian dari setetes air mani, lalu Dia menjadikan kamu seorang laki-laki yang sempurna?

Di sini kelihatan jelas implikasi makna aplikatif kata "Turab" yang membutuhkan proses selanjutnya. Berupa tahapan embrionik dari Turab menjadi air mani. Sebelum benar-benar menjadi manusia yang sesungguhnya.

d. Al --Hajj 22: 5

"Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya KAMI TELAH MENJADIKAN KAMU DARI TANAH, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. 

Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3