hayat devirza
hayat devirza Penulis

Hayat devirza

Selanjutnya

Tutup

Musik

Tukar Taring bagi Kalangan Remaja

16 Mei 2019   14:07 Diperbarui: 16 Mei 2019   14:39 5 0 0

TUKAR TARING BAGI KALANGAN REMAJA

Kenakalan remaja adalah semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidanayang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan diri sendiri dan orang sekitarnya. Remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebu, seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masi belum cukup matang dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi, masalah kenakalan remaja.
Tawuran yang terjadi di belakangan ini terus menyisakan perih dan tanda tanya bagi negeri ini, kenapa tawuran harus terjadi lagi dan lagi. Seakan tak ada yang peduli untuk berpatisipasi menyelesaikan maslah lama yang kini kian menghangat kembali untuk di bahas karena telah terlalu banyak meminta korban. Menarik jika memang dikaji lebih mendalam, banyak pihak yang harus berperan aktif sebagai kontrol sosial agar masalah lama ini tidak berulang lagi. Peran keluarga, sekolah, pihak berwenang dan yang terpenting adalah peran aktif masyarakat yang berada diarea dimana tawuran itu terjadi akan berpengaruh besar terhadap aksi anarkis tersebut kedepannya.

pernyataan tersebut bisa dikatakan "Tawuran" itu kenakalan remaja, kenakalan remaja itu terjadi tergantung teman sebayanya atau teman sepermaiananya siapa dan tempat lingkuanagn yang dia tempati. Jika si anak tersebut berteman dengan seorang yang baik akhlak dan budi pekertinya maka ia pun menjadi seorang yang baik juga. Jika teman sepermainnya memiliki sikap dan sifat yang tidak baik yang suka meminum-minuman keras, balapan liar dan tawuran maka otomatis si anak tersebut terikut sikap dan sifat seperti itu. Hal tersebut itulah membuat seseorang melakukan tawuran karena tidak terkontrolnya emosi karena hal sepele.

Beradasarkan urain tersebut penulis membahas kenapa tawuran antar pelajar harus terjadi? Karena kenakalan remaja meliputi semua perilaku menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh pelajar. Perilaku tersebut akan merugikan diri sendiri dan orang sekitarnya seperti masyrakat yang ada di daerah itu.

Dengan demikian diharapkan para remaja khusunya pelajar diharapkan mengembangkan kontrol diri yang di kembangkan dari dalam diri akan mengurangi kecendrungan dalam kenakalan remaja. Kita sebagai kaum muda penerus bangsa janganlah terjerumus kedalam lubang yang salah. Kita harus bertindak rasional janganlah kita mengambil tindakan yang malah membuat masa depan kita gelap.
Banyaknya faktor-faktor remaja memasuki pergaulan yang rusak. Biaanya ini berawal dari mereka berteman dengan teman yang membwa dampak buruk, karena masa remaja sedemikian dimana keadaan piskis remaja bisa mudah berpengaruh. Adanya faktor berasal dari keluarga karna kurang perhatian kepada anak dan anak menjadi royal dalam