Mohon tunggu...
Hauradhiya Faizah Amriely
Hauradhiya Faizah Amriely Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwa

Live your life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Menyelamatkan Orangutan

27 September 2021   00:01 Diperbarui: 27 September 2021   00:08 66 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Menyelamatkan Orangutan
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Orangutan merupakan salah satu jenis kera besar yang hidup di hutan tropis Indonesia dan Malaysia, terutama di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Di Indonesia pun terdapat tiga spesies yaitu Pongo abelii yang hidup di Pulau Sumatera, Pongo pygmaes yang hidup di Pulau Kalimantan dan yang terakhir adalah Pongo tapanuliensis yang di temukan di ekosistem Batang Toru di tiga kabupaten yaitu Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Tapanuli Selatan.

            Dalam kurun waktu satu abad, populasi orang utan mengalami penurunan yang besar. Menurut data WWF, satu abad yang lalu populasi orangutan mencapai 230.000 ekor, namun pada saat ini menyusut hingga 50%. Penyebab utama terancamnya populasi orangutan adalah faktor deforestasi dan kerusakan habitat yang terjadi karena konversi hutan. Banyak warga yang berpikir jika orangutan merupakan hama, namun orangutan sangatlah penting keberadaannya untuk kelestarian hutan, berikut merupakan alasan orangutan harus dilestarikan. (sumber)

Orangutan Merupakan Spesies Payung

Yang pertama adalah orangutan merupakan spesies payung Orangutan ini menjadi spesies yang membantu keberadaan spesies lain di hutan. Orangutan memperkaya pohon di hutan dengan cara menyebarkan biji pohon yang ia konsumsi. Jika orangutan punah, maka akan hilang pula ratusan spesies tanaman di hutan. Dan hewan lain pun akan sulit mendapatkan makanan.

Orangutan Membantu Penyuburan Tanaman

Orangutan akan berkeliling dalam radius tidak kurang dari 100 hektare hutan untuk mencari buah-buahan untuk mereka makan. Melalui kotorannya, orangutan akan menyebarkan biji dari buah yang ia makan tersebut. Feses dan urin yang ia hasilkan tersebut menjadi pupuk bagi tanaman dan biji tersebut menjadi bibit tanaman.

Membantu Proses Fotosintesis

Fotosintesis merupakan proses yang sangat penting bagi tanaman. Saat malam, orangutan akan membuat sarang di puncak pohon menggunakan ranting dan dedaunan. Saat mengambil ranting dan daun, orangutan membuka kanopi hutan dan hal tersebut membantu cahaya dalam masuk ke lantai hutan.

Membantu Keberlangsungan Kehidupan Manusia

Hutan merupakan tempat memproduksi oksigen. Dengan membantu proses fotosintesis, tanaman pun bisa menghasilkan oksigen. Oksigen sangatlah penting untuk keberlangsungan kehidupan di bumi. Karena oksigen merupakan hal yang sangat penting untuk pernafasan dan banyak pula manfaat lain yang oksigen berikan untuk tubuh.

            Dengan kita menyelamatkan orangutan dari kepunahan bukan hanya untuk orangutan saja, namun dengan menyelamatkan orangutan, kita juga ikut membantu menyelamatkan hutan dan keberlangsungan hidup semua makhluk yang ada di bumi ini, termasuk manusia. Tidak ada salahnya untuk menyelamatkan orangutan. Dengan menyelamatkan orangutan, kita juga menyelamatkan diri kita dan juga orang-orang yang kita sayangi.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan