Mohon tunggu...
Swasetya
Swasetya Mohon Tunggu... A worker

I'm a human and like breath for oxygen, and sharing article for learing and information

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Pengujian dengan Menggunakan Hardness Tester

8 Oktober 2020   11:12 Diperbarui: 8 Oktober 2020   11:23 120 2 0 Mohon Tunggu...

Pabrik pastinya memproduksi sebuah barang, kualitas barang yang diproduksi tentunya memiliki kualitas yang terbaik sehingga membuat para konsumen tetap menggunakan produk yang dihasilkan oleh pabrik tersebut, produk berkualitas tentu saja berasal dari material atau bahan baku yang terbaik dan berkualitas bagus, sehingga ketika material diolah menghasilkan produk yang sangat baik dan berkualitas.

karenanya pengawasan dan pengelolahan pada sebuah material harus dianggap serius, sebab kondisi dari material bisa saja memburuk sehingga menurunkan kualitas dari material yang nantinya akan diolah, kondisi tersebut tentunya dapat terjadi yang diakibatkan oleh gaya tekan yang terjadi pada suatu material sehingga daya kekerasan pada material dapat menurun, dan berdampak pada material. solusi untuk mengidentifikasi material tersebut adalah dengan menggunakan mesin/alat uji hardness tester.

hardness tester merupakan sebuah alat uji yang digunakan untuk mengukur atau menganalisa dari daya kekerasan sebuah material diantaranya besi,logam,bebatuan dll, selain menguji untuk kualitas suatu material menggunakan hardness tester juga bermanfaat untuk mengetahui sifat dari material yang diujinya, menjadikan pengujian menggunakan alat uji/mesin pengujian hardness tester cukup penting sebelum melakukan sebuah produksi, untuk menunjang kualitas dari barang yang diproduksinya.

alat uji hardness tester memiliki 2 jenis yaitu bench hardness tester dan portable hardness tester, cara untuk dapat mengoprasikan mesin tersebut ialah dengan:

-) Bench hardness tester

bench hardness tester merupakan salah satu dari alat uji yang diletakan dimeja, pengujian dilakukan dengan cara meletakan object pada meja pengujian, lalu dilakukan pengaturan sebelum pengujian berlangsung diantaranya pengaturan lensa dan jarak dari lensa analisa, lalu atur tekanan yang akan dilakukan terhadap object.

setelah pengaturan telah dilakukan pengujian akan dapat dimulai, dan penekanan akan dilakukan setelah selesai hasil pengujian akan muncul pada monitor pengujian.

-) Portable hardness tester

portable hardness tester adalah salah satu dar alat uji hardness tester yang dapat digunakan secara praktis sehingga pengujian dapat dilakukan dengan lebih mudah, pengujian ini dilakukan dengan cara melakukan penekanan alat kepada material yang diuji. lalu hasil analisa tersebut akan muncul pada display alat.

SUMBER

VIDEO PILIHAN