Mohon tunggu...
Yar Agoestian
Yar Agoestian Mohon Tunggu... Just an ordinary man.

Kadang suka nulis sambil rebahan.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Persiapkan Diri, Kita akan Hidup Berdampingan dengan Pandemik

25 Maret 2021   17:06 Diperbarui: 25 Maret 2021   17:40 113 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Persiapkan Diri, Kita akan Hidup Berdampingan dengan Pandemik
Pixabay.com/iqbalnuril

Sudah satu tahun pandemik COVID-19 mendiami Indonesia sejak kedatangannya pada 16 Maret 2020. Kita yang pada awalnya sesumbar mengatakan bahwa kita kuat dan tidak akan terjangkit, nyatanya kita menjadi negara yang paling banyak terpapar virus dikawasan Asia Tenggara. Tentunya itu menjadi hal yang buruk untuk kita tapi sudah tidak ada waktu untuk disesali,  yang ada jadikan saja ini sebagai pelajaran untuk lebih mawas diri.

Dalam satu tahun pandemik juga banyak hal yang terjadi, ada yang buruk dan ada juga yang baik. Buruknya hingga saat ini COVID-19 belum juga redah, banyak pabrik/perusahaan men-PHK para perkerja-nya, terganggunya proses pendidikan, stres dan terganggunya kesehatan mental hingga tidak lagi bebas berkumpul dengan kawan atau bahkan keluarga dan masih ada beberapa lagi hal buruk yang ditimbulkan.

Namun akan selalu ada hal baik di rentetan hal buruk tersebut dan hal baik itu adalah, kita jadi lebih menjaga kebersihan diri, sistem pendidikan baru lewat media daring, mulai menjalani hidup sehat dengan banyak berolahraga, hingga hal yang paling baik sekaligus menggembirakan adalah sudah diciptakannya sebuah vaksin untuk virus tersebut.

Soal vaksin yang sudah tercipta rasanya banyak memberikan harapan untuk terbebas dari pandemik ini, terlepas vaksin tersebut efektif ataupun tidak kita bisa bernapas dan melangkah sedikit lebih lega. Dan tahun ini 2021 Indonesia negara kita sudah memulai program vaksinasi pertama pada 13 Januari yang lalu dan berlanjut sampai saat ini.

Lalu apakah dengan hadirnya vaksin, COVID-19 bisa menghilang dan pandemik ini berakhir? Entahlah tidak ada jaminan pasti sebuah penyakit akan begitu saja menghilang, bahkan para ilmuan atau profesor yang sempat memprediksi pandemik akan segera berakhir nyatanya meleset dan sampai tahun ini kita masih berjuang melawannya, tidak hanya di Indonesia seluruh dunia juga berusaha untuk sembuh dan terbebas dari wabah ini.

Kini yang harus kita lakukan adalah tetap menjaga kesehatan fisik dan mental, patuhi semua prosedur kesehatan dari pemerintah agar terhindar dan tidak tertular virus, selalu pakai masker saat berpergian, cuci tangan sesering mungkin dan sebisanya hindari kerumunan serta persiapkan diri, kita akan hidup berdampingan dengan pandemik hingga virus ini hilang dan berlalu.

VIDEO PILIHAN