Mohon tunggu...
Hasyim Yahya
Hasyim Yahya Mohon Tunggu... Halo

Salam Kenal

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pro dan Kontra Real Money Trading bagi Pemain

12 Juni 2021   22:36 Diperbarui: 12 Juni 2021   23:16 71 1 0 Mohon Tunggu...

Perbedaan pendapat mengenai suatu hal dapat terjadi kapan pun dan dimana pun. Di antara dua orang saja perbedaan pendapat bisa terjadi, apalagi di antara banyaknya pemain game online. Persilisihan dalam game online sering kali terjadi. Bahkan, terkadang hal itu tidak dapat dihindari. Salah satu dari sekian banyak hal yang diperdebatkan dalam game online adalah RMT atau Real Money Trading.

RMT merupakan suatu kejadian dimana seorang pemain membeli barang virtual di dalam game menggunakan uang nyata, biasanya berupa mata uang game, kostum, ataupun peralatan. RMT adalah tindakan yang diciptakan oleh para pemain itu sendiri, meski begitu perbedaan pendapat tidak dapat dihindari. Perbedaan pendapat antara harus mendukung tindakan RMT atau menghentikannya selalu menjadi hal yang umum dibicarakan dalam sejarah game online. Kedua belah pihak mempunyai alasan kuat dalam mendukung tindakan mereka.

Berikut adalah beberapa alasan para pemain mendukung RMT:

1. Merupakan Sumber Pendapatan yang Bagus

Para pemain game online banyak terdiri dari remaja. Kebanyakan dari mereka belum bisa bekerja untuk mendapatkan uang. Terutama karena masih bersekolah dan belum cukup umur. Hal ini menjadikan mereka berusaha mencari tambahan uang saku dengan bermain game dan menjual mata uang game yang mereka dapatkan. 

2. Kurangnya Kelonggaran Waktu

Berbanding terbalik dengan penjual mata uang game, banyak pembeli adalah para orang dewasa yang ingin menghabiskan waktu santai mereka. Banyak orang dewasa sering kali mendapati diri mereka sibuk dengan pekerjaan. Hal itu menyebabkan mereka tidak mempunyai waktu untuk mendapatkan mata uang game. Terlebih lagi di dalam game yang membutuhkan para pemain untuk aktif terlibat agar bisa memperoleh mata uang, hal itu menyebabkan para orang dewasa lebih memilih agar membelanjakan uang yang mereka dapatkan untuk RMT. Banyak orang dewasa yang lebih mementingkan kesenangan mereka untuk menghilangkan rasa lelah dan bersantai dalam game.

Sedangkan, bagi para penolak RMT, mereka mempunyai alasan sebagai berikut:

1. Membuat Usaha Sia-Sia

Para penolak RMT seringkali adalah orang yang menghabiskan banyak waktu di dalam game. Mereka menganggap semua kerja keras mereka di dalam game hanya menjadi sia-sia karena mereka dapat dengan mudah dilampaui oleh para pengguna RMT. Setelah menginvestasikan begitu banyak waktu untuk mendapatkan mata uang, memanen material untuk meningatkan peralatan, dan begitu banyak hal lainnya, mereka merasa kecewa karena para pengguna RMT sering mengalahkan hasil jerih payah mereka menggunakan uang belaka. Hal itu dirasa sulit untuk diterima bagi mereka.

2. Menciptakan Peluang Penipuan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x