Mohon tunggu...
Hastuti ArumLestari
Hastuti ArumLestari Mohon Tunggu... Mahasiswa

lanjutkan hidup

Selanjutnya

Tutup

Travel

Wisata Pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Jungwok, Salah Satu Alternatif Tempat Camping bagi Kalangan Remaja

25 Juni 2021   11:57 Diperbarui: 25 Juni 2021   12:13 44 1 0 Mohon Tunggu...

Tentu sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata di daerah Yogyakarta, terutama keindahan pantainya. Yogyakarta sangat identik dengan keindahan pantainya yaitu di daerah Gunung Kidul. Yogyakarta seperti gudangnya pantai, karena sepanjang jalan terutama daerah Gunung Kidul semua pantai berjejeran sehingga para pengunjung bisa memasuki banyak pantai dalam satu waktu.

Selain sebagai wisata keluarga, pantai di daerah sana bisa menjadi salah satu tempat untuk camping. Camping juga bisa dilakukan di sekitar pantai, hal ini menjadi alternatif bagi orang-orang yang tidak bisa camping di gunung dikarenakan suatu hal. Salah satu tempat wisata pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat camping yaitu di Pantai Jungwok.

Hampir setiap hari ada saja pengunjung yang ingin camping baik dengan temannya, pacarnya atau juga saudaranya. Namun pantai ini belum terlalu ramai pengunjung jadi masih sangat asri dan suasananya pun sangat tenang, sangat cocok untuk menenangkan pikiran akibat banyak kerjaan atau tugas-tugas, mencari inspirasi, dan lain-lain. Dalam satu hari tidak lebih dari 10 tenda, jadi sekitar kurang lebih 50 orang dalam satu hari.

Pantai Jungwok sendiri memiliki ombak yang tidak begitu kencang sehingga tidak terlalu membahayakan, walupun begitu tetap menjaga keselamatan diri sendiri dengan tidak begitu bermain air terlalu jauh. Pantai Jungwok memiliki sebuah tebing di sebelah barat. Tebing tersebut biasanya digunakan untuk melihat sunrise atau matahari terbit. Di Pantai Jungwok hanya dapat melihat sunrise, tidak bisa melihat sunset karena terhalang oleh tebing yang menutupi.

Selain itu, di Pantai Jungwok kita bisa mencari cumi-cumi atau gurita biasanya mereka bersembunyi di balik batu-batu. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, karena sambil bercamping juga bisa mencari hewan laut. Pasir di Pantai Jungwok berwarna putih, hampir sama seperti pantai-pantai di deretan Gunung Kidul. Pantai ini berbentuk melengkung, sehingga dinamai Pantai Jungwok.

Lokasi Pantai Jungwok ini sudah termasuk bagus dan mudah untuk ditempuh oleh para pengunjung, tetapi sekitar beberapa kilometer sebelum pantai terdapat jalan tanah yang berbatu. Namun lokasi Pantai Jungwok ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Alamat Pantai Jungwok tepatnya berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau bisa juga mencari di Google Maps, dengan mengetik kata kuncinya yaitu Pantai Jungwok.

Tiket masuk Pantai Jungwok sendiri cukup relatif, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5.000/orang dan juga harga tersebut sudah termasuk untuk masuk ke Pantai Wediombo. Harga tersebut sudah termasuk harga standar untuk memasuki kawasan pantai di Gunung Kidul. Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Jungwok pengunjung dikenakan biaya yaitu Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas yang disediakan Pantai Jungwok masih belum lengkap, hanya ada beberapa toilet, mushola kecil, dan warung kecil. Jadi untuk perlengkapan camping dan makanan kecil pengunjung membawa sendiri.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x