Mohon tunggu...
akbar restuhastriyanto
akbar restuhastriyanto Mohon Tunggu... mahasantri

belajarlah bahasa ibu, lestarikan bahasa daerah, pahamilah bahasa asing

Selanjutnya

Tutup

Politik

Sistem Politik dan Pemerintahan Daulah Umaiyah dan Daulah Abbasiyah

21 Oktober 2019   19:19 Diperbarui: 21 Oktober 2019   19:23 0 0 0 Mohon Tunggu...

Abstrak:  bani abasiyah meegang kekuasaan kekhilafahan selama 3 abad dan pada tahun 940 kekuatan kekhilafan menyusut ketika orang-orang  non arab khususnya orang turky kemudian di ikuti mamluk(budak)di mesir pada pertengahan abad ke 13. Pada era itu dinasti abasiyah mengklaim mereka tidak bisa disaingi oleh bangsa yang lain, said bin husain seorng muslim syiah dari dinasti fatimiya mengaku dari keturunan anak perempuan nabi Muhammad, megklaim dirinya sebagai kholifah di tahun 909  hal ini menyababkan kekuasaan ganda di afrika utara, bani abasiyah berhasil merebut daerah-daerah kekuasaan dinasti fatimiyah (maroko,alzair,tunisia,libiya,mesir,palestina) , baniabasiyah akhirnya menyisakan mesir sebagai daerah untuk daerah banifatimiyah. Dan  pemerintahan bani umayyah terkenal sebagai pemerintahan yang agresif karena pada kekuasaan bani umayyah mereka hanya bertumpu pada peluasan wilayah dan penaklukan dalam kurun  waktu 90 tahun banyak bangsa yang sudah masuk ke dalam kekuasaan islam di antaranya adalah sepanyol,afrika utara,zajirah arab,palestina,siriya,sebagian anatauliyah, iraq, fersia, afganistan, turkmenistan, usbeykistan, kirgistan  termasuk unisofiet.    pemimpin pertama bani umayyah tidak dipilih secara musyawarah melainkan menggunakan cara-cara yang tidak baik dengan mengambil kekuasaan dari tangan hasan bin ali (41H/661M) hal ini berakibat pada perubahan prinsip dan berkembangnya corak baru yang dimana berpengaruh pada perkembangan dan kekuasaan umat islam. 

Pendahuluan  

 

  •  Dinasti Umaiyah merupakan  kerajaan islam yang pertama yang di dirikan oleh  Muawiyah bin Abi sufyan nama "umaiyah di nisba kan kepada Umaiyah bin Abdi syam bin Abdi manaf
  • Umaiyah bin Abdi syam adalah pemimpin kabilah Quroisy pada jaman jahiliyah kekuasaan dinasti Umaiyah pada masa keemasan nya menandingi Alexander Agung. Dinasti Umaiyah melakukan pemindahan ibukota dari Madinah ke Damaskus pada jaman dinasti Umaiyah rakyat muslim berhasil menjatuhkan Afrika utara Khurasan, Bukhara, Indus, perbatasan Tiongkok dan Spanyol. Dinasti Umaiyah berdiri pada tahun 41H/661M di Damaskus. Sebagai pemimpin Bani Umaiyah Muawiyah bin Abi Sofyan merupakan seorang politisi yang sangat  handal beliau pernah menjabat sebagai gubernur di Syam pada zaman Utsman bin Affan.    
  •      Setelah masa kejayaan Daulah Bani Umaiyah hancur muncul Dinasti Islam berikutnya yaitu Dinasti Abbasiyah. Dinasti Abbasiyah merupakan Dinasti yang berasal dari keturunan Abbas yakni berasal dari paman nabi Muhammad SAW. Dinasti Abbasiyah pertama kali memerintah pada tahun 750M/1258M  Dinasti Abbasiyah mengambil nama dari paman nabi Muhammad SAW yakni AL-Abbas bin Abdul Mutholib bin Hasyim. Karena hal ini bani Abbasiyah merasa lebih pantas dari pada Bani Umaiyah dalam segi kekhalifaan islam ,Bani Hasyim merupakan nasab yang lebih dekat dengan nabi Muahmmad SAW. Bani Abbas dalam kekuasan nya mewarisi imperium besar Bani Umaiyah sehingga Bani Abbas memiliki kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena mereka sudah memiliki landasan yang sudah disiap kan  oleh Bani Umaiyah .
  •      Layaknya Dinasti Abbasiyah yang lahir setelah Dinasti Umaiyah, Dinasti Utsmaniyah lahir setelah keruntuhan Dinasti Abbasiyah. Setelah runtuhnya dinasti abbasyiah terdapat tiga kerajaan adidaya yaitu turki utsmani di turki (1300-1922 M), mughol (1526-1858 M) di India, dan safawiyyah di Persia. Dari tiga kerajaan itu daulah Utsmaniyyah adalah daulah yang paling besar. Kerajaan turki utsmani berkuasa selama enam abad berturut-turut dengan daerah kekuasaan mencakup asia kecil, Armenia, irak,syiria, hejaz, yaman di asia, mesir, sudan Libya, Tunisia, Maroko, aljazair, Bulgaria, hongaria, Yugoslavia, Rumania, Albania, dan Yunan di eropa timur. Dinasti Utsmaniyyah adalah dinasti yang tidak terkalahkan durasi dan wilayah kekuasaannya.

Daulah Umaiyyah 

            Nama "Umaiyyah" dinisbatkan kepada Umaiyyah bin abi syams bin abi manaf, yaitu salah seorang pimpinan kabilyah Quraisy pada zaman jahiiyah.ia dan pamanya selalu bertarung dalam merebutkan kekuasaaan dan kedudukan.  Bani Umaiyyah baru masuk agama islam setelah mereka tidak menemukan jalan lain selain memasukinya, yaitu ketika nabi Muhammad saw.berserta beribu-ribu pengikutnya (yang percaya terhadap kerasulan dan kepemimpinanya) menyerbu masuk kedalam kota Makkah. 

 

Pada masa dinasti Umaiyyah,kaum muslimin berhasil menaklukan afrika utara,khurusan,bukhra,indus,perbatasan tiongkok,dan sepanyol. Telah tertulis dalam sejarah, wilayah yang dikuasai oleh dinasti Umaiyyah hampir sama kekuasanya daengan yang dikuasai oleh Alexander agung   dinasti ini hampir bertahan seratus tahun lamanya.

 

Sebenarnya mu'awiyah bin abi sufyan berhasil mendirikan dinasti umayyah bukan hanya dikarenakan kemenangan diplomasi disiffin dan terbunuhnya khalifah ali bin abi thalib, melainkan sejak semula ia memiliki "basis rasional" yang solid bagi landasan politiknya dimasa depan, diantaranya :

 

  • Dukungan yang kuat dari rakyat suriah dan keluarga bani umayyah. Dan memiliki pasukan yang kokoh, terlatih, dan disiplin di garis depan dalam peperangan melawan romawi.
  • Sebagai seorang administrator
  •  Memiliki kemampuan sebagai negarwan sejati

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x