Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Aroma Tanaman Ini Banyak Digunakan untuk Masakan

7 Oktober 2020   02:26 Diperbarui: 7 Oktober 2020   02:33 75 24 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aroma Tanaman Ini Banyak Digunakan untuk Masakan
Sumber gambar :inkuiri.com

Kenal kemangi? Kalau aku sudah kenal lama. Ibuku menanam kemangi di samping rumah. Dan kemangi banyak digunakan di dalam masakan sebagai pewangi agar aroma masakannya menjadi enak. Berbagai masakan menggunakan kemangi . Kebetulan saat pandemi begini aku jadi suka memasak. Termasuk menggunkan kemangi ini. 

Dan aku selalu belanja sayur dan lauk itu 4 hari sekali agar tak sering keluar rumah. Nah, masalahnya kemangi ini tidak bisa disimpan terlalu lama. Sudah keburu layu. Jadi saat digunakan jadi kurang bagus. Jadi kepikiran mau menanan kemangi. Dan ada teman baik suamiku yang memberikan bibit kemangi. Jadi kalau mau kemangi tinggal petik , jadi masih segar.

Kemangi adalah tanaman kecil yang daunnya bisa dimakan sebagai lalap dengan aroma yang khas, lembut, kuat dengan aroma limau. Juga bisa sebagai bumbu beberapa masakan seperti pepes, botok dan masih banyak lagi. 

Kemangi atau lebih dikenal dengan nama surawung adalah tanaman yang kecil dengan tinggi kurang dari satu meter. Batangnya lurus tapi punya banyak cabang. Daun berwarna hijau dengan bentuk bulat dan ujungnya runcing dan lembut tak keras saat dipegang. Aroma daunnya yang khas dan saat dimakan agak pahit.Bunganya berwarna putih yang terletak paling ujung tanaman.

Kemangi memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti vitamin K, vitamin A, mangan dan magnesium. Ada serat ,proteinnya. Akibatnya kemangi ini punya manfaat buat kesehatan tubuh manusia seperti

  • Nutrisi yang baik untuk tubuh. Adanya vitamin A yang baik untuk menjaga imun tubuh.Dan ada vitamin K yang baik untuk penggumpalan darah.
  • Melawan kanker. Ini karena ada fitokimianya.
  • Mencegah penuaan dini. Bisa menghambat radikal bebas yang buruk sehingga bisa cegah penuaan dini
  • Mengganti zat besi yang hilang. Kandungan zat besinya banyak sehingga baik dikonsumsi saat mens sehingga bisa menggantikan zat besi yang hilang dalam darah.
  • Mengurangi peradangan. Hal ini karena ada kandunganbeta caryophyllene dalam daunnya.
  • Menurunkan gula darah. Ekstrak daun kemangi ini bisa atasi gula darah yang tinggi dalam jangka waktu yang panjang.
  • Meningkatkan kesehatan mental. Ada zat yang bisa menghilangkan stres, depresi. Dan juga daun kemangi ini bisa meningkatkan daya pikir sehingga mencegah pikun.

Untuk menanam kemangi membutuhkan benih kemangi yang bisa diambil dari bunga kemangi yang tua dan sudah kering. Bisa juga dari potongan batang yang diambil dari indukannya.Bisa ditanam di polybag, pot atau di tanah.Kalau ingin kemangi daunnya lebar ditanam di luar ruangan. 

Kalau ingin daunnya kecil ditanam di dalam ruangan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah tanah harus basah dan terkena sinar mentari. Untuk hama menggunakan pestisida herbal agar aman. 

Akhrinya aku memutuskan untuk menanam kemangi. Agar bisa digunakan kapan saja. Tinggal memetik tak perlu harus ke pasar . Dan bisa diambil selalu dalam keadaan segar tentunya. Perlulah menanam tanaman yang memang dibutuhkan kita dalam kesehariannya sehingga kita lebih bisa menikmati hasil nanam , juga tak perlu susah payah mencari di tukang sayur. Enak kan?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x