Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Semangat Mengikuti Senam Tera

13 Mei 2020   02:14 Diperbarui: 13 Mei 2020   02:18 34 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semangat Mengikuti Senam Tera
Sumber gambar: dok pribadi

Aku terbiasa jalan kaki di stadion Bima. Stadion Bima sendiri cukup luas. Ada bagian lintasan yang mengelilingi stadion utama. Nah, di sini juga aku biasa lari pagi. Kalau sudah bosan biasanya pindah ke parkiran dekat patung Bima atau jalan di sekitaran kolam renang Chaterine Surya. 

Di komplek kolam renang ini sebetulnya lengkap sarana olahraganya  tapi semuanya sudah tak terurus lagi. Ini dikarenakan tak ada biaya pemeliharaan lagi. Jadinya lebih banyak digunakan untuk jalan pagi bagi orang-orang yang mau sehat. Beberapa kali lewat sana sering melihat aktivitas orang-orang yang sedang melakukan senam pernafasan. Ingin sekali ikut tapi gak berani tanya. 

Tapi suatu waktu aku coba saja mengikuti senam di belakang orang-orang ternyata tidak apa-apa. Di sana gratis tidak membayar. Dilakukan setiap rabu dan sabtu. Baru beberapa kali ikut aku sudah merasa cocok tapi sayang wabah corona terjadi. Akhirnya aku tak bisa lagi mengikutinya.

Karena sudah merasakan manfaatnya, akhirnya aku mulai mencari di youtube ternyata ada yang sama dengan yang aku lakukan. Dan mulai saat itu mulai latihan kembali di rumah bersama paksu. Senamnya namanya senam Tera. 

Senam tera ini menggabungkan latihan fisik dan mental dengan cara menyatukan gerakan-gerakan bagian tubuh dengan teknik dan irama pernafasan. Senam ini bersumber dari senam pernafasan Tai Chi. 

Senam dasarnya adalah olah pernafasan dan dikombinasikan dengan seni bela diri. Di Indonesia akhirnya digabungakan dengan teknik peregangan, persendian sehingga akhirnya menjadi satu kesatuan olahraga yang dikenal dengan senam Tera. 

Tera ini berasal dari kata terapi atau pengobatan. Jadi senam tera ini bukan hanya untuk pengobatan saja tapi juga untuk pencegahan dan bisa menyembuhkan penyakit.

Manfaat senam tera itu banyak baik secara fisik maupun mental. Secara fisik meningkatkan kondisi tubuh seperti jantung, sistim peredaran darah, sistim pernafsan, sistim pencernaan, kelenjar endokrin dan meningkatkan kekuatan otot. Secara mental, mengurangi stres, melatih konsentrasi, melatih kepekaan,memupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan. 

Ternyata senam Tera di Indonesia ini mulai diperkenalkan sejak 12 November 1985 oleh warga yang bernama Bambang Sutomo. Lalu senam ini semakin luas dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sampai ke luar negeri juga.

Senam Tera ini mempunyai makna tersendiri dari kata Senam Tera Indonesia/STI. S artinya sehat jasmani, T artinya tentram memiliki arti sehat psikis dan indah yang artinya sehat dalam hubungan sosial dan lingkungan.

Senam Tera ini terdiri dari gerakan peregangan dengan ada 17 gerakan, Gerakan persendian dengan 25 gerakan dan terakhir gerakan pernafasan ada 20 gerakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x