Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Keraton Yogyakarta yang Tetap Mempesona

22 Mei 2019   02:32 Diperbarui: 22 Mei 2019   03:15 196 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keraton Yogyakarta yang Tetap Mempesona
Sumber gambar : dok pribadi

Kalau ke kota Yogyakarta tentu ikon yang masih saja melekat di kota ini adalah keraton. Keraton yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Keraton ini didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I di tahun 1775. Keraton ini dibangun di daerah rawa yang dikeringkan di antara sungai Code dan sungai Winongo. 

Kalau kita lihat bangunan keraton ini membentang dari utara sampai selatan. Halaman depan dari keraton adalah alun-alun utara sedang halaman belakang dari keraton adalah alun-alun selatan. Kalau kita lihat dengan seksama, keraton, Tugu dan gunung Merapi itu ada dalam satu garis

Keraton bagiku sudah aku kenal sejak kecil karena nenekku tinggal di kota ini. Jadi hampir saat liburan datang ke kota Yogyakarta ini. Bangunan keraton ini sudah sangat familiar apalagi kakekku termasuk abdi dalem keraton. Katanya keraton itu memiliki arti tempatnya ratu-ratu juga dikenal dengan istilah kedaton , tempatnya datu-datu. Jadi keraton itu istana tapi istana yang behubungan dengan arti keagamaan, arti filsafat,dan arti kebudayaan

Sumber gambar : dok pribadi
Sumber gambar : dok pribadi
Keraton Yogyakarta dibagi menjadi tiga bagian yaitu

Komplek depan Keraton Yogyakarta.

Gladhak Pangurakan. Pintu utama atau gerbang tempat masuknya ke dalam keraton dari arah utara. Ada gapura gladhag dan gapura pangurakan. Letaknya depan belakang dengan jarak hanya beberapa meter saja. Tampak seperti pertahanan berlapis.

Sumber gambar :dok pribadi
Sumber gambar :dok pribadi
Alun-alun Ler. Merupakan lapangan rumput yang terletak di bagian utara keraton. Dulu dikelilingi pagar tapi sekarang pagar sudah tak ada lagi. Sekarang terlihat lebih sempit karena sisi-sisinya sudah dibuat menjadi jalan aspal untuk umum. Ditanami pohon beringin yang terdapat di bagian tengah dan diberi pagar dan terdapat sepasang dan dikenal dengan waringin Sengkeran/Ringin Kurung. Kedua beringin ini diberi nama dengan Kyai Dewadaru dan Kyai Janadaru.

Mesjid Gedhe Kasultanan Keraton Yogyakarta. Ada di sebalah barat dari alun-alun Ler. Dikenal dengan mesjid Gedhe Kauman yang dikelilingi dinding tinggi. Pintu utamanya ada di sisi timur.

Sumber gambar : dok pribadi
Sumber gambar : dok pribadi

Komplek Inti Keraton Yogyakarta.

Komplek Pagelaran. Bangunan utama di keraton adalah Bangsal Pagelaran. Tempat ini digunakan para punggawa untuk menghadap sultan.pada upacara resmi. Sekarang selain digunakan untuk upacara adat keraton juga bisa dikunjungi oleh wisatawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x