Mohon tunggu...
Hastira Soekardi
Hastira Soekardi Mohon Tunggu... Ibu pemerhati dunia anak-anak

Pengajar, Penulis, Blogger,Peduli denagn lingkungan hidup, Suka kerajinan tangan daur ulang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Memperkenalkan Diri Menggunakan Bahasa Inggris untuk Anak-anak

9 Agustus 2017   03:03 Diperbarui: 9 Agustus 2017   03:58 1358 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memperkenalkan Diri Menggunakan Bahasa Inggris untuk Anak-anak
Dok pribadi

Pertama bertemu tentunya kita harus saling mengenalkan diri satu sama lain tentang identitas kita terutama nama. Agar suatu saat jika bertemu lagi kita gak lupa namanya. Apalagi kalau kita ada dalam satu tempat kerja, satu komunitas atau satu kelas. Anak-anak juga perlu diajarkan bagaimana mempekenalkan diri dengan cara yang baik. Nah, gimana nih kalau kita mengajarkan anak memperkenalkan diri mereka dengan gunakan bahasa inggris. Bisa tidak??? Bisa dong, ada cara asyik yang bisa memudahkan anak-anak belajar mengenalkan diri dengan gunakan bahasa inggris.

Ada manfaat dari memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa inggris seperti.

  • Memberi informasi tentang diri kita pada orang lain.
  • Membantu komunikasi dengan orang asing (luar negeri)
  • Menjadi langkah awal dalam mempelajari bahasa inggris
  • Mempermudah belajar bahasa inggris selanjutnya.

Nah , pentingnya memperkenalkan diri pada orang lain yang belum saling kenal adalah sangat penting. Anak-anak juga perlu tahu itu. Cara asyik agar anak bisa belajar tanpa anak merasa belajar adalah dengan permainan. Karena biasanya anak --anak suka malu-malu untuk biacara apalagi ini dalam bahasa inggris. Dan anak juga belum punya fase yang kuat untuk mengingat makanya perlu diulang-ulang agar bisa menempel di memori mereka. Makanya cara seru adalah ajak mereka melakukan permainan yang bikin mereka gembira sehingga apa yang kita tanamkan tidak seperti orang lagi belajar. Cara simpel yang bisa diajarkan dalam kelompok anak-anak adalah :

  • Bola bergulir. Permainan ini dengan menggunakan bola. Bola diestafetkan dari anak ke anak yang di sebelahnya demikian seterusnya dengan gunakan lagu. Jika lagu berhenti makan anak itu harus menyebutkan namanya. My name is..... . begitu seterusnya sampai anak semua kebagian. Anak-anak gembira dan tak terasa mereka belajar memperkenalkan nama mereka dengan baik.

Bola bergulir
Bola bergulir
  • Menyebutkan nama teman di sebelahnya. Jadi anak mengenalkan namanya sendiri. My name is.... lalu menunjuk teman di sebelahnya She/he tergantung anak laki-laki atau perempuan. She/He is...... Begitu seterusnya sampai semua anak kebagian. Jadi anak bisa memperkenalkan diri sendiri dan temannya.

Memperkenalkan teman di sebelahnya
Memperkenalkan teman di sebelahnya
Dok pribadi
Dok pribadi
  • Percakapan sederhana tentang mempekenalkan diri. Jadi ada dua orang anak yang disuruh untuk melakukan percakapan dalam rangka memperkenalkan diri. Hello, my name is.... I'am ...years old. I live in..... Nice meet you....... percakapan sederhana yang memuat info diri anak-anak sehinga mereka bisa lebih mengenal satu sama lain bukan hanya nama saja tapi tempat tinggal dan umur mereka sampai semua dapat giliran.

Dialog tentang data diri
Dialog tentang data diri
Dok Pribadi
Dok Pribadi
Asyik kan???? Permainan ini bisa diulang-ulang sampai anak-anak mengerti dan mampu mengulangnya kembali. Cara asyik yang bikin anak gembira tanpa merasa mereka sedang belajar. Boleh dicoba pada anak-anak dan akan terlihat hasilnya sangat positif. Mereka akan mudah mengerti dan mudah mengaplikasikannya, karena semua yang diajarkan ini sangat membuat mereka seperti sedang bermain. Silahkan mencoba.......

VIDEO PILIHAN