Mohon tunggu...
H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Founder PKPS di Indonesia | Founder Firma AH dan Partner | Jakarta | Pendiri Yayasan Kelola Sampah Indonesia - YAKSINDO | Surabaya. http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Bunga Tabungan Nol Persen, Tetap Dapat Untung IDR Lho! Yuk Simak

18 September 2022   18:31 Diperbarui: 18 September 2022   18:44 218 31 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: Kartu debit dan kredit. Sumber: Kompas

"Jadi memang bukan mendapatkan bunga (fulus) secara langsung, tapi tetap dapat konversi atas kemudahan jasa. Tentu atas keberadaan tabungan, jadi untungnya juga sebenarnya dapat uang atau IDR, tapi tidak secara langsung disebut bunga bank."

Menabung di bank (swasta atau pemerintah sama saja), karena semua dilindungi oleh Bank Indonesia (BI). 

Menabung dalam rangka mengamankan uang dan mempermudah menggunakan uang untuk transaksi online dan offline.

Urgensi menabung adalah kebiasaan baik yang harus diajarkan sejak dini, dengan menabung maka akan terbiasa untuk menyisihkan sebagian pendapatan dan menjaga agar tidak boros. 

Bukan karena dorongan dapat bunga sebagai tujuan utama menabung di bank (makanya bank berani terapkan 0%), karena tujuan menabung lebih kepada merubah perilaku dalam mengelola uang yang baik dan benar.

Sebagai prasyarat untuk fasilitas seperti e-wallet, e-money, belanja online, menerima atau menampung gaji serta membayar kartu kredit. 

Membayar kartu kredit saja pakai rekening tabungan dan tidak perlu ke bank penerbit kartu kredit, itu efisiensi yang minus biaya transortasi. Itu antara lain keuntungan tabungan tanpa disadari, terjadi konversi atas biaya pelayanan atau operational cost.

Juga kebutuhan lain, seperti sebagai dokumen saat pengajuan visa perjalanan keluar negeri atau sebagai syarat pengajuan kredit di bank. 

Itulah semua keuntungan yang kita peroleh dari bank (non bunga). Kalau ditelaah mendalam, semuanya itu mengandung rupiah atau laba atau bunga atas eksistensi tabungan di bank.

Kalau ingin menikmati atau mengharap bunga bank secara langsung. Ya, simpan uang dalam bentuk tabungan berjangka atau deposito atau bentuk investasi lainnya yang banyak jenis dan ragamnya masing-masing disediakan oleh pihak bank dengan suku bunga bervariasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan