Mohon tunggu...
H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Founder PKPS di Indonesia | Founder Firma AH dan Partner | Jakarta | Pendiri Yayasan Kelola Sampah Indonesia - YAKSINDO | Surabaya. http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Solusi BBM: Jangan Turunkan Harga Bila Minyak Dunia Stabil

7 September 2022   02:27 Diperbarui: 7 September 2022   05:21 172 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: harga minyak. Sumber: SHUTTERSTOCK/MASSIMO VERNICESOLE by Kompas

"Indonesia tak sendirian mengalami penyesuaian harga BBM. Sebab, langkah pemerintah menaikkan harga BBM adalah bentuk respon pemerintah terhadap harga minyak bumi global yang kian naik dan hampir mencapai angka USD 100 per barel."

Kenaikan harga BBM di Indonesis berdasar pada harga pasar minyak global. Kini, ICP (Indonesia Crude Price) masuk pada angka yang masih cukup tinggi pada Agustus lalu sekitar 94,17 dolar Amerika Serikat (AS) per barel.

Intinya, Pemerintah harus kreatif kendalikan naik dan turunnya harga minyak dunia.

Jadi saat harga minyak dunia turun, Pemerintah jangan buru-buru ingin pencitraan langsung menurunkan harga.

Bertahan saja pada harga, tapi jangan korup selisih harga tersebut. Karena untuk dijadikan dana cadangan bila tiba-tiba harga minyak dunia bergejolak.

Sehingga saat harga minyak global naik lagi, Pemerintah tak perlu menaikkan harga BBM, itu kuncinya.

Karena seburuk apapun keadaan atau pergolakan ekonomi dunia yang diakibatkan oleh minyak global, Pemerintah tetap harus mengedepankan kesejahteraan rakyat dalam menentukan harga BBM.

Coba Indonesia belajar ke negeri tetangga, Malaysia. Harga BBM Malaysia malah turun di tengah lonjakan minyak dunia, keren kan?

Bagaimana caranya, ya buat angka atau harga standar. Walau harga minyak dunia turrun, jangan turunkan harga di masyarakat.

Selisih harga terhadap turunnya harga minyak dunia, itu yang dibuat cadangan bila suatu waktu minyak dunia bergejolak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan