Mohon tunggu...
H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Founder PKPS di Indonesia | Founder Firma AH dan Partner | Jakarta | Pendiri Yayasan Kelola Sampah Indonesia - YAKSINDO | Surabaya. http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Solusi Regionalisasi Pembangunan Transportasi Antardaerah Bertetangga

20 Agustus 2022   01:01 Diperbarui: 20 Agustus 2022   07:18 784 28 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wajah baru kawasan Stasiun Tebet, Jakarta setelah ditata ulang, Kamis (14/10/2021). Penataan kawasan Stasiun Tebet terintegrasi dengan mode transportasi di Jabodetabek untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses transportasi umum.(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO) 

"Segera mengubah paradigma berpikir dan bertindak secara profesional dan proporsional dalam menyikapi otonomi daerah berwawasan nasional dan global, dalam rangka memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat secara integrasi antardaerah dengan pola pembangunan kerjasama regionalisasi manajemen dan regionalisasi marketing." 

Dalam mengantisipasi pelayanan transportasi di luar Jakarta, mutlak Jakarta membantu pembiayaan pembangunan pada daerah daerah penyangganya, antara lain; Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

Sebenarnya pembangunan transportasi penyangga Jakarta, tidak sulit karena sudah ada lembaga khusus, Badan Kerja Sama Pembangunan Jabodetabekjur (BKSP Jabodetabekjur) untuk mengatur kerja sama antardaerah bertetangga.

Integrasi Moda Transportasi Kota Megapolitan Jakarta. Sumber: MRTjakarta
Integrasi Moda Transportasi Kota Megapolitan Jakarta. Sumber: MRTjakarta

Dalam wilayah Jabodetabek tersebut, ada 8 kabupaten dan kota wilayah otonom. Selain DKI Jakarta (Pusat, Utara, Barat, Selatan dan Timur) sebagai kota administratif dan Kab. Kepulauan Seribu. 

Jadi dengan kerjasama antardaerah, satu planning dalam pembangunan sarana dan prasarana (sapras), akan terjadi efisiensi dan efektivitas.

Satu per satu moda transportasi umum di Indonesia semakin lengkap dan terpadu. Misalnya di Jabodetabek, mulai dari Bus Transjakarta yang memiliki jalur khusus (busway), Kereta Rel Listrik (KRL/Commuter Line), Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT), dan kini Light Rail Transit (LRT).

Baca juga: Kerjasama Antar Daerah dan Peningkatan Daya Saing Wilayah

Stasiun MRT terintegrasi dengan Transjakarta, Sumber: Teyn Gloria/JawaPos.com
Stasiun MRT terintegrasi dengan Transjakarta, Sumber: Teyn Gloria/JawaPos.com

Solusi Integrasi Regionalisasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan