Mohon tunggu...
H.Asrul Hoesein
H.Asrul Hoesein Mohon Tunggu... Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Pemerhati dan Pengamat Regulasi Persampahan | Terus Menyumbang Pemikiran yang Sedikit u/ Tata Kelola Sampah di Indonesia | Green Indonesia Foundation | Jakarta http://asrulhoesein.blogspot.co.id Mobile: +628119772131 WA: +6281287783331

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya

Berbuka Puasa dengan Manis Buah

21 Mei 2019   09:31 Diperbarui: 21 Mei 2019   09:39 0 4 0 Mohon Tunggu...
Berbuka Puasa dengan Manis Buah
Ilustrasi: Buah-buahan untuk buka puasa. Sumber: InfoBdg.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika salah seorang dari kalian shaum, maka hendaklah ketika ia berbuka dengan mengonsumsi kurma. Dan jika tidak ada kurma, maka dengan air. Karena air itu membersihkan." (Shahih Jami'ush shagir).

Sangat jelas apa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dengan kurma basah dan kering atau air. Berarti bukan dengan pemanis gula tapi dengan pengertian manis buah alami dan air putih.

Membatalkan puasa atau buka puasa dengan yang manis, telah lama jadi pro-kontra. Hal ini tidaklah sepenuhnya salah. Iklan makanan dan minuman manis juga tidak salah, yang salah bila kita bodoh dan tidak menahan nafsu syaitan dalam menjalankan ibadah puasa.

Menjadi salah ketika kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis secara berlebihan, apalagi bukan buah-buahan. Paling merusak kesehatan bila menyantap makanan pembuka sampai kepada makanan utama yang serba mengandung pemanis.

Karena jika dikonsumsi secara berlebihan tentu akan merusak kesehatan dan juga pasti merusak kantong... hehehe. Maka konsumsi secukupnya saja. Konsumsi dengan rasa manis segala jenis buah-buahan. Itulah manis yang sehat dan menyehatkan.

Sebaiknya selalu siapkan kurma. Kurma basah dan kering serta madu lebih aman serta mudah pula didapatkan. Seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, selalu berbuka dengan kurma dan air putih.

Manfaat madu juga beragam dan bisa tetap menjaga kesehatan saat pola makan berubah. Apalagi dengan madu kualitas terbaik. Pastinya kurma dan madu bisa untuk sahur dan berbuka dengan menu yang manis natural dan kesehatan pasti tetap terjaga.

Baginda Nabi SAW biasa berbuka puasa dengan segelas susu dan kurma kemudian salat maghrib. Semoga setelah membaca tulisan ini, pro-kontra bisa berahir. Karena semua terpulang kepada kita memaknai puasa dengan tidak berlebihan.

Berpuasalah, karena puasa itu sehat. Selamat Berpuasa, Insya Allah berkah. Aamin Yra.