Mohon tunggu...
Hasriyani Putry
Hasriyani Putry Mohon Tunggu... Foto/Videografer - mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Sistem Rekognisi

22 September 2022   00:45 Diperbarui: 22 September 2022   01:21 44 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sebelum kita membahas System Rekognisi alangkah lebih baiknya kita menjelaskan terlebih dahulu apa itu System dan apa itu Rekognisi.

Sistem adalah sekumpulan elemen yang saling terkait/ terhubung dan memiliki tujuan atau untuk mencapai tujuan yang sama.

Rekognisi sendiri mempunyai arti hal atau keadaan yang diakui, pengakuan, pengenalan, penghargaan.

System rekognisi ini kita akan mempelajari 3 objek yaitu text, gambar(citra) dan audio. Gabungan antara ketiganya ini akan menjadi video. Tapi di sini kita hanya akan membahas gambar atau citra.

Citra (image) atau gambar merupakan salah satu komponen multimedia yang memegang peranan penting untuk menyimpan informasi dalam bentuk visual. Saat ini peran citra analog telah diambil alih oleh citra digital, dan perkembangan dunia teknologi saat ini telah membuat penyimpanan dan pengiriman citra digital menjadi lebih mudah dan efisien.

Citra di bagi menjadi dua jenis yaitu cita analog dan citra digital.

Citra analog adalah citra yang bersifat continue seperti gambar pada monitor televisi, foto sinar X, dan lain-lain. Sedangkan pada citra digital adalah citra yang dapat diolah melalui komputer. Citra digital merupakan representasi dari fungsi intensitas cahaya dalam bentuk diskrit pada bidang dua dimensi. Citra tersusun oleh sekumpulan piksel.

Citra digital merupakan representatif dari citra yang diambil oleh mesin (citra analog) dengan bentuk pendekatan berdasarkan sampling dan kuantisasi. Sampling menyatakan besarnya kotak-kotak yang disusun dalam baris dan kolom. Dengan kata lain, sampling pada citra menyatakan besar kecilnya ukuran piksel (titik) pada citra, dan kuantisasi menyatakan besarnya nilai tingkat kecerahan yang dinyatakan dalam nilai tingkat keabuan (grayscale) sesuai dengan jumlah bit biner yang digunakan oleh mesin. Dengan kata lain, kuantisasi pada citra menyatakan jumlah warna yang ada pada citra.

Pixel adalah suatu gambar yang ada di dalam komputer sesungguhnya adalah kumpulan dari ribuan titik yang sangat kecil dan tiap-tiap titik tersebut memiliki warna tertentu. Titik-titik itulah yang disebut pixel. Setiap pixel mempunyai satu warna dan bergabung dengan pixel--pixel lainnya sehingga membentuk suatu pola dan menghasilkan gambar.

citra dibagi menjadi tiga jenis yaitu citra RGB, citra grayscale, dan citra biner.

contoh :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan