Mohon tunggu...
Nurul Hasna
Nurul Hasna Mohon Tunggu... KKN TIM II UNDIP

KKN TIM II UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kegiatan KKN Mahasiswa UNDIP di Masa Pandemi Covid-19

9 Agustus 2020   10:26 Diperbarui: 9 Agustus 2020   10:19 10 0 0 Mohon Tunggu...

dokpri
dokpri
Bojong, Pekalongan (26/07/20). Dimasa pandemi covid19, mahasiswa Undip tetap melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa masing masing. KKN TIM II Undip 2019/2020 membawakan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Program yang dibuat oleh mahasiwa harus sesuai dengan protokol kesehatan untuk pencegah penyebaran covid19. Penyebaran covid19 dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menjaga jarak, memakai masker, menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. 

Oleh karena itu, Nurul Hasna Zulfaida mahasiswi undip yang sedang menjalankan KKN UNDIP TIM II 2020 di Desa Kalipancur membuat program edukasi covid19 dan cara cuci tangan untuk anak anak serta pelatihan pembuatan YOKU (Yogurt Kunyit) untuk ibu ibu PKK.

Program edukasi covid19 dan cara cuci tangan dilakukan agar anak anak desa Kalipancur lebih memahami tentang covid19 dan cara mencegah penyebaran covid19. Edukasi dilaksanakan dengan bantuan poster, video, dan praktek cara cuci tangan yang benar .

“ya.. memang anak anak sedikit bandel dan susah untuk diingatkan memakai masker dan cuci tangan. Semoga setela diberi edukasi jadi lebih mengerti” kata Casdah, salah satu masyarakat desa Kalipancur.

Selain itu, pelatihan pembuatan YOKU (Yogurt Kunyit) dilaksanakan dengan bantuan poster cara membuat yogurt kunyit yang diharapkan dapat meningkatkan imunitas tubuh masyarakat desa Kalipancur karena kunyit mengandung Kurkumin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“yogurt ini kan banyak disukai semua golongan terutama anak anak. Jadi daripada disuruh minum jamu terkadang anak anak kan tidak suka. Jadi dibuatnya yogurt kunyit ini bagus ya, supaya anak anak juga dapat minum terutama untuk meningkatkan imunitas di masa pandemi ini” kata Iis, salah satu anggota PKK Desa Kalipancur, Kec. Bojong.

Penulis : Nurul Hasna Zulfaida, Agribisnis UNDIP.

Editor : Marwini, S.H.I., M.A., M.S.I.

VIDEO PILIHAN