Mohon tunggu...
Hasnai Masruhani
Hasnai Masruhani Mohon Tunggu... hasnaimas

Jangan Lupa Bersyukur.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Guru BK Harus Peka?

23 September 2019   22:47 Diperbarui: 23 September 2019   23:06 0 0 0 Mohon Tunggu...
Guru BK Harus Peka?
Sumber: komunikasipublik.blogspot.com

Jika anda sakit kepala, maka pergilah ke apotek untuk membeli obat sakit kepala. Jika perut anda mulai berdemo, maka pergilah ke warung nasi terdekat dari tempat tinggal anda.

Jika ban motor anda bocor karena ulah penjahat jalanan yang menebar paku di jalan, maka pergilah ke bengkel untuk menambal ban anda.

Sesederhana itu, masalah dan solusi selalu akan berjumpa walaupun terkadang dalam hidup kita masalah-masalah itu terlalu banyak tapi solusi tak kunjung datang.

Sebenarnya bukan tak kunjung datang, melainkan keran pipa solusi tersebut belum kita buka, atau dengan kata lain kita masih belum mencoba untuk mendatangkannya.

Kalau kita tarik ke dunia pendidikan, jika-maka yang juga relevan adalah jika anda memiliki siswa yang sedang dalam persoalan, maka segera bawalah ke guru BK dan selesaikan persoalannya di sana.

Nah, untuk sebagian sekolah, walaupun sudah memiliki guru BK, tapi nyatanya masih banyak anak didiknya yang bermasalah ini adalah suatu persoalan di atas persoalan yang harus diselesaikan. Pertanyaan berikutnya adalah, mengapa demikian ??

Baik, coba kita merenung sejenak. Sakit kepala yang tadi anda keluhkan tidak akan terobati apabila anda lari ke kamar mandi, atau anda sudah ke apotek tapi anda justru membeli obat maag, atau anda memang membeli obat sakit kepala tapi ternyata obat itu sudah kedaluwarsa.

Demikian juga dengan rasa lapar dan ban motor anda, tidak akan dapat teratasi apabila salah penanganan atau penanganan yang salah. Di sini pertanyaan "mengapa" tadi baru bisa kita jawab. Siswa-siswa yang memiliki persoalan dan sudah mengunjungi ruangan BK namun masih saja demikian, bisa jadi karena guru BK tersebut memberikan penangan yang salah.

Lalu, apa sebenarnya penanganan yang harus diberikan oleh para guru BK ?? Boleh jadi sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya lebih dulu kita tanyakan; kompetensi apa saja yang harus dimiliki guru BK ?

Dengan bertanya seperti itu, berarti ada hal-hal yang harus dikuasai guru BK sehingga dapat memberikan penanganan yang baik sehingga persoalan-persoalan yang dialami siswa pun turut teratasi. Dari sini mengapa guru BK harus peka, karena sebelum mereka memberi ada beberapa hal yang harus mereka kuasai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x