Mohon tunggu...
Hasna HalidaSalsabila
Hasna HalidaSalsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa gizi UNISA Yogya

the world has many taste, u have to feel joy, upset, happy, and sad. so that your day is colored

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Media Sosial di UNISA Yogyakarta sebagai Penunjang Pendidikan di Era Pandemi Covid-19

12 Juli 2022   10:53 Diperbarui: 12 Juli 2022   11:02 45 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media sosial adalah platform yang menyediakan berbagai fasilitas untuk melakukan aktivitas secara online tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Media sosial mampu mengubah komunikasi dialog menjadi interaktif sehingga berguna untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima supaya terbangun komunikasi yang efektif dan efisien. Media sosial yang umum digunakan yaitu instagram, youtube, whatsapp, dan twitter. Selain penggunaannya mudah, media sosial memiliki peranan penting bagi kehidupan masyarakat. Seperti sarana mencari informasi, menghubungi orang yang terpaut jarak jauh, dan sebagai tempat berbagi informasi. 

Adanya pandemi Covid 19 yang sedang dialami 2 tahun belakangan ini dengan aturan pemerintah yang mewajibkan untuk menjaga jarak semakin meningkatkan penggunaan media sosial di kalangan masyarakat. Sehingga hadirnya media sosial mampu menghapus jarak antar manusia dan mampu mempersingkat waktu dalam berkomunikasi. Terutama bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Mereka membutuhkan sebuah media yang efektif untuk memperlancar pembelajaran jarak jauh. Pandemi Covid membuat seluruh instansi penyelenggara pendidikan mewajibkan siswa untuk melakukan pembelajaran melalui daring atau tanpa tatap muka. Sehingga universitas tentu harus membuat inovasi baru untuk membangun sebuah platform yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.

Meskipun terdapat zoom dan googlemeet yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan ruang dan waktu yang tidak terbatas, tetapi itu saja tidak cukup untuk menjadi platform  pembelajaran daring. Karena kedua aplikasi tersebut hanya mampu digunakan untuk komunikasi dalam menerangkan penjelasan dosen ke mahasiswa tanpa bisa melakukan input tugas, mengerjakan ujian dan menjadi media dalam mengerjakan hal lainnya. Sehingga dibutuhkan suatu media untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Seperti elearning/lensa yang telah disediakan oleh Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang dapat diakses oleh seluruh mahasiwa Unisa.

Lensa Unisa adalah sebuah website yang digunakan mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Lensa Unisa merupakan media yang efektif dan efisien dalam kegiatan pembelajaran. Website ini tersedia fitur-fitur yang lengkap dan mudah diaplikasikan. Dalam fitur lensa tersedia kolom opsi yang apabila kita tekan dan pilih maka akan langsung menuju pada pilihan kita tanpa harus repot-repot untuk mengetik pencarian. Elearning Unisa sangat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan dosen serta membantu mahasiwa memahami materi yang diberikan. Selain itu media lain yang juga digunakan dalam pembelajaran yaitu youtube dan whatsapp grup. Youtube digunakan dosen untuk mengupload materi penjelasan agar mahasiswa memahami materi melalui audio dan visual yang jelas serta memudahkan mahasiwa mengakses kembali materi tersebut dimanapun dan kapanpun. Sedangkan whatsapp grup digunakan untuk berdiskusi saat praktikum berlangsung dan memudahkan mahasiswa untuk menghubungi dosen terkait pembelajaran yang akan dilaksanakan ataupun mengonfirmasi perubahan jadwal.

Adanya media elearning, youtube, dan whatsapp grup yang digunakan Unisa sangat membantu efektifitas pembelajaran mahasiswa. Upaya itu bertujuan untuk mencegah ketertinggalan pendidikan mahasiswa dalam pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh serta berkontribusi dalam memutus rantai penyebaran Covid 19. Meskipun gelombang pandemi Covid 19 telah mereda, namun Unisa tidak ingin tergesa-gesa mengambil keputusan untuk melakukan tatap muka secara keseluruhan sehingga masih menggunakan sistem hybrid atau sistem pembelajaran yang dikombinasikan dengan offline dan online. Pemanfaatan media sosial sebagai alat pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar mahasiswa karena telah tersedia media yang memudahkan mereka untuk mengakses materi yang diberikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan