Hasim Sam
Hasim Sam Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan

Ingin terus belajar dan Khoirunnas Anfa'uhum Linnas sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain

Pengalaman Pertama Menjadi Tour Leader (Bali)

10 November 2022   15:00 Diperbarui: 10 November 2022   15:00 1197
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kalian tentu pernah dengar apa itu Tour Leader? Tentu Jawabannya pernah, bukan?

Tentu kalimat tersebut sudah tidak asing bagi kita atau bahkan kalian pernah melihat ketika kita pergi refreshing di tempat-tempat wisata. Banyak pemandu wisata ketika kita tiba ditempat wisata.

Singkat cerita apa itu tour leader. Tour Leader adalah Seseorang yang memimpin suatu perjalanan  dengan rombongan yang akan berwisata.Tugas seorang tour leader bagi saya adalah :

• Mengkoordinasikan Akomodasi atau menyiapkan Transportasi
  • Menentukkan tujuan wisata.
  • Memberikan pelayanan semaksimal mungkin dan bisa memberikan kesan yang menyenangkan untuk para rombongan.
  • Memberikan beberapa sejarah pada waktu mendekati tempat wisata yang akan dikunjungi.

Pada saat itu saya masih umur 19 tahun dan juga baru lulus dari smk saya diajak oleh salah satu guru saya untuk mendampingi salah satu Bus yang terdiri dari 11 Bus yang akan berwisata ke Bali.

Awalnya saya berfikiran saya belum punya pengalaman jadi rencana tidak mau ikut. Bagi saya ini adalah buat pengalaman saya menjadi seorang tour leader.

Pada saat itu sebelum pemberangkatan saya di kasih arahan kalau ketika nanti di bus kita memperkenalkan diri, memperkenalkan nama travel dan membacakan aturan-aturan ketika berada dalam bus dan membacakan tujuan wisata ketika berangkat ke Bali. Pada waktu itu pemberangkatan dimulai pukul 16:30 dengan salah satu sekolah yang ada di Surabaya.

Saya yang belum mempunyai pengalaman untuk cara berbicara didepan anak-anak yang seusia saya, karena kalau ketika berbicara dengan seusia saya biasa menggunakan bahasa jawa.

Pada waktu itu dimana saya memberanikan diri memperkenalkan nama saya, membacakan aturan-aturan yang berada didalam bus dan membacakan tujuan-tujuan wisata ketika di bali.

Sebelum sampai ke pelabuhan kita mampir ke Rumah Makan Utama Raya untuk melakukan makan malam, setelah makan malam kita melanjutkan menuju ke pelabuhan penyebrangan Ketapang-Gilimanuk.

Ketika sampai di pelabuhan penyebrangan Ketapang-Gilimanuk, Setiap orang yang berwisata ketika menyebrang di lautan atau berada di atas dalam kapal diwajibkan keluar baik dari mobil pribadi atau bus. Karena pada waktu penyebrangan itu waktu sudah menunjukkan pukul  24:00.

Tujuan pertama ketika turun dari pelabuhan adalah berwisata di Tanah Lot. Sampai di tanah lot sekitar pukul 04:00 Pagi kemudian bersih-bersih diri kemudian sholat sambil menunggu tempat tiket masuk buka.