Mohon tunggu...
Dini Hashmicro
Dini Hashmicro Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

6 Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan Restoran

21 Agustus 2018   10:07 Diperbarui: 21 Agustus 2018   10:30 530
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyajikan makanan yang lezat memang penting bagi restoran. Namun sayangnya tak banyak yang menyadari bahwa cara karyawan mengelola, menyiapkan, serta menyajikan makanan juga sama pentingnya. 

Memang, memastikan bahwa karyawan dapat selalu produktif, terutama saat manager atau pemilik restoran sedang tidak ada di restoran, terkadang sedikit menantang. 

Maka dari itu, setiap pemilik restoran harus  memiliki trik tertentu agar karyawan dapat terus produktif. Berikut ini 6 tips meningkatkan produktivitas karyawan restoran yang harus dicoba.

Terapkan masa orientasi

Memang, setiap kali merekrut karyawan baru, banyak pemilik restoran meminta karyawan yang telah berpengalaman. Hal ini dilakukan agar mereka bisa langsung bekerja tanpa butuh pelatihan. Padahal, lingkungan dan budaya setiap restoran pastinya berbeda sehingga berpengalaman atau tidak, setiap karyawan berhak mendapatkan pelatihan yang baik. Hasilnya, mereka akan bekerja sesuai dengan arahan dan dapat memenuhi tujuan perusahaan.

Lakukan cross-training

Setiap karyawan seharusnya diberikan cross-training sehingga dapat membantu berbagai jenis tugas. Tak hanya akan menguntungkan bisnis, cross-training karyawan itu sendiri. Mereka akan mendapatkan keahlian baru yang dapat bermanfaat bagi mereka. Jika setiap karyawan memiliki berbagai keahlian yang berbeda, hal ini memungkinkan manager menjadwalkan lebih sedikit karyawan dengan standar pelayanan dan jumlah produksi yang sama.

Biasakan karyawan dengan teknologi baru

Software memiliki peran penting dalam mempermudah operasi kerja di segala industri, termasuk dalam industri makanan dan minuman seperti restoran. 

Saat ini pelanggan dapat memesan via aplikasi dan menunggu hingga pesanan diantar. Ketika pelanggan memesan, staf dapur dapat langsung melihat pesanan dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia.

Seperti yang kita lihat saat ini, teknologi telah menjalar ke berbagai departemen di bisnis restoran. Maka, perkenalkan staf Anda dengan berbagai teknologi baru. Hal ini akan meningkatkan interaksi staf dan pelanggan restoran Anda.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun