Digital

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Software ERP Terbaik

3 Juli 2018   15:41 Diperbarui: 3 Juli 2018   15:59 407 0 0
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Software ERP Terbaik
Sumber: iStock

Membeli software ERP merupakan keputusan yang besar bagi perusahaan. Sebagai salah satu investasi terbesar tentunya perusahaan hanya ingin memilih perangkat lunak yang terbaik. Namun kita tahu terkadang ini sangat memusingkan apalagi ketika kita mencoba mencari software ERP yang paling cocok dengan kebutuhan kita.

Ketika sedang bingung, orang cenderung memilih produk yang paling mahal dan berharap produk tersebut menjadi produk yang terbaik bagi mereka. Padahal produk yang mahal belum tentu cocok dengan kebutuhan Anda. Dibawah ini ada hal yang perlu diparhatikan saat memilih software ERP terbaik.

Riset

Anda tak akan mengerti apapun jika tidak melakukan riset. Tanyakan rekan kerja yang pernah atau sedang menggunakan software ERP di perusahaan mereka. Jika belum cukup, bacalah ulasan orang-orang yang telah mengimplementasikan software ERP. Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang ERP. Saat Anda melakukan riset, tak ada salahnya untuk mulai membuat daftar kebutuhan perusahaan Anda.

Cari partner

Mencari partner atau orang yang mengerti tentang IT mungkin saja jarang dipertimbangkan oleh perusahaan yang ingin membeli sistem ERP. Namun, cara sederhana ini ternyata sangat penting. Kita tahu bahwa mereka mengerti tentang software. Tanya ahli di sekitar Anda dan wawancara kandidat terbaik.

Bersabar

Penting bagin Anda untuk mempertimbagkan banyak hal sebeluk memutuskan untuk membeli sistem ERP. Ini bukan melulu soal membeli software terbaik. Beberapa pertimbangan khusus juga perlu Anda pikirkan misalnya apakah software ini akan bermanfaat bagi perusahaan Anda? apakah software dapat membantu mempercepat ROI? apakah mereka menawarkan dukungan pemeliharaan? bagaimana dengan lisensinya? dan sebagainya.

Training

Tidak memberikan pelatihan khusus pada karyawan setelah menginstalasi software merupakan kesalahan besar. Latihlah mereka dengan baik hingga mereka dapat mengoptimalkan penggunaan sistem ERP. Kita tahu bahwa fungsi otomatisasi akan meningkatkan produktivitas mereka. Artinya berbagai tugas akan diselesaikan lebih cepat. Jika mereka tidak mengerti bagaimana menggunakannya, pemasangan sistem ERP di perusahaan Anda menjadi percuma.

Mengharapkan hal irasional

Setelah perusahaan menginstalasi software ERP, luangkan waktu Anda untuk mempelajarinya. Bukan tak mungkin waktu yang Anda butuhkan sedikit lebih lama tapi setelah itu Anda akan lebih terbiasa dengan sistem tersebut. Terkadang ada saja user yang mengharapkan hal yang tidak mungkin sesaat setelah aplikasi Anda diinstalasi.

Mengabaikan partner

Setelah seluruh sistem diimplementasikan di perusahaan Anda, pastikan Anda tetap berkomunikasi dengan partner Anda. Anda akan membutuhkan jasa mereka untuk memperbarui sistem software Anda, misalnya. Mereka juga mampu mengecek sistem Anda sehingga sistem terawat dengan baik.

Takut dengan perubahan

Kita tahu teknologi berubah secara drastis sejak beberapa dekade lalu. Artinya Anda harus mempersiapkan diri dan menerima perubahan di masa yang akan datang, termasuk dalam mengimplementasikan software ERP. Sistem Anda mungkin saja berubah karena perubahan generasi teknologi baru. Jadi, hadapilah dengan langkah yang cerdas.