Mohon tunggu...
Faisal Hasbullah
Faisal Hasbullah Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis

Pertama memulai kebiasan baik untuk menjadi budaya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenali Potensi Pendidik Sebagai Sumber Bukti Karya

22 September 2022   09:11 Diperbarui: 22 September 2022   09:23 74 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidik disemua jenjang yang dilakukan saat ini yaitu menyesuaikan kompetensi dan kualifikasi pendidikan yang diharapkan untuk menjadi modal dalam membentuk pendidik yang maju dan berkembang. Satu diantara kompetensi yang dimiliki adalah bentuk kemampuan teknologi informasi dan komunikasi yang bisa menjadi modal penunjang untuk mendapatkan pengetahuan modern. Pendidikan saat ini bukan saja terbatas pada buku yang tersimpan di perpustakaan yang saat ini menjadi sumber pengetahuan adanya internet dan keterbukaan informasi.

Bisa dipastikan pendidik yang mampu menjadi bagian kemajuan adalah yang memiliki gairah untuk maju dan berkembang. Secara kasat mata saat ini pengetahuan dengan berbagai bentuk dan model tersebar di internet. Hanya guru yang bisa menjadi filter untuk memilah informasi penting dan akurat. Saat ini pendidik yaitu guru diberikan modal platform merdeka mengajar PMM ini menjadi sumber yang akurat dan sah bersumber dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 

Melihat semangat guru untuk maju dan berkembang melalui fitur bukti karya ada berbagai contoh yang bisa dipetik untuk menjadi modal dalam membuat bukti karya. Hanya saja kemampuan yang dimiliki saat ini terkadang menjadi penghalang dalam mencapai pada sasaran membuat bukti karya sesuai dengan contoh yang sudah banyak ada. Maka satu diantaranya kita perlu berdiskusi dengan sejawat agar bisa memaksimalkan kemampuan agar nantinya menyusun bukti karya ini dengan terbaik.

Ketika bapak ibu masih perlu membutuhkan bantuan masih ada cara lain untuk bisa menguasai kemampuan yang menarik untuk menggunakan aplikasi baru tersedia di google. Bisa dipantau pada https://frizh.wordpress.com/ atau bisa juga menjadi member pada https://etraining.seamolec.org/ dikedua platform tersebut memberikan fasilitas bagi guru dalam menambah kemampuan. Jangan sampai bapak ibu terbebani adanya peningkatan kompetensi ini harus menunggu dari dinas pendidikan kabupaten kota, perlu adanya peningkatan secara mandiri dan online untuk bisa secara berkala dilakukan penambahan kompetensi disaat mengajar dan juga berlatih. Juga bisa mengusulkan berbagai bentuk kegiatan yang akan dilakukan setelah pembelajaran selesai berlangsung maka bisa dilakukan peningkatan kompetensi.

Juga bisa dilihat dari kemampuan awal bersama guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi ini melibatkan siswa sehingga perlu adanya kesinambungan. Baik dari sisi pembelajaran bersama didalam sekolah tetap berjalan sekaligus mengerjakan penugasan pelatihan. Dikarenakan terjadi dalam berbagai masalah maka diantaranya dari sisi percaya diri guru perlu mempertimbangkan diri untuk mau maju dan berubah, jika malu untuk berperan dalam pelatihan maka akan membuat sulit diri sendiri sehingga tidak bisa membuat karya terbaik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan