Mohon tunggu...
Hasbi MustopaKamil
Hasbi MustopaKamil Mohon Tunggu... Mahasiswa - good

BE BETTER, DO ACTION, WE ARE EXCELLENT

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Apa Kabar Identitas Nasional Indonesia ?

27 September 2021   14:47 Diperbarui: 30 September 2021   15:09 214 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Apa Kabar Identitas Nasional Indonesia ?
img-3915-615570bf2881756c91428e02.jpg

Apa Kabar Identitas Nasonal Indonesia ?

Setiap negara pasti memiliki keunikan atau ciri khas masing-masing, yang menjadikannya tampak tidak asing di denger oleh kita, misalnya Negara Kincir Angin langsung yang terpikirkan oleh kita adalah Belanda. Nah, bagaimana dengan Indonesia ? Apakah negara kita ini yaitu Indonesia memiliki ciri khas yang dikenal oleh bangsa lain ? Tentu saja, negara kita memiliki identitas dan keunikan yang begitu banyak dan beragam, bahkan dengan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia ini, menjadikan Indonesia memiliki banyak suku, bahasa, agama, adat istiadat, ras, dsb.

Identitas dari sebuah negara itu sangat diperlukan dimana identitas sebuah negara ini menjadi sesuatu yang melekat pada negara itu sendiri dan menjadi pembeda antara suatu bangsa dengan bangsa lain. Lalu apakah yang menjadi Identitas Nasional Indonesia?

 Identitas negara Indonesia yaitu memiliki bendera Indonesia yaitu bendera merah putih, Indonesia juga memiliki bahasa persatuan, dimana bahasa ini menjadi bahasa pemersatu bangsa Indonesia yaitu Bahasa Indonesia. Jadi walaupun bahasa daerah di Indonesia berbeda-beda namun tetap memiliki bahasa pemersatu, sehingga dapat memperlancar dalam komunikasi. Kemudian lambang Garuda dan semboyan Bhineka Tunggal Ika juga, menjadi identitas bangsa Indonesia, disamping itu juga Indonesia memiliki lagu Kebangsaan Indonesia, dimana lagu ini ( Indonesia Raya ) diciptakan oleh WR Soepratman, Selain itu ada Pancasila sebagai dasar falsafah negara Indonesia dan UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia dan sistem yang dimiliki Indesinesia adalah sistem demokrasi. Dimana semua hal diatas merupakan identitas nasional negara kita.

Apa Kabar Identitas Nasional Indonesia ?

Seiring berjalannya waktu, apalagi kondisi zaman yang semakin maju dan berkembang penuh dengan perubahan teknologi, tidak berhenti sampai disana, perubahan ini memberikan pengaruh juga terhadap masyarakat, gaya hidup kebarat baratan, hedonisme, dsb. Sayang, Identitas yang dipertahankan seakan akan hilang, entah identitas itu hilang atau kita yang menghilangkan identitas kebangsaan kita. Apakah karena tidak ingin disebut tertinggal sehingga melupakan apa yang menjadi identitas bangsa kita sendiri ( Indonesia ) dan membanggakan apa yang dibawa oleh bangsa lain bahkan diikutinya ?

Pada zaman ini masih banyak orang orang yang belum mengenal bangsa dan negara sendiri, atau mungkin penulis sendiri tidak mengetahuinya, setelah melakukan riset kecil via whatsapp, saya menanyakan ke tiga pelajar mengenai identitas nasional Indonesia, hanya satu pelajar yang mampu menjawab secara tepat dan dua lainnya tidak menjawab apa apa dikarenakan tidak tahu. Dari riset tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasannya masih sedikit bangsa Indonesia yang mengenal identitas negaranya sendiri, sedih ya, bangsanya sendiri masih belum mengenal negara Indonesia apalagi bangsa lain, maka dari itu perlu pemahaman dan penyadaran kepada bangsa Indonesia untuk mengenal identitas negaranya.

Krisis identitas ini menjadi masalah baru yang muncul dan terjadi saat ini, dimana dengan adanya perubahan-perubahan baru di era globalisasi ini yang semakin dipenuhi dengan teknolog teknologi canggih, membuat bangsa Indonesia memiliki rasa cinta yang kurang terhadap tanah air, lebih mencintai produk bangsa lain dibandingkan produk bangsa sendiri, lebih suka berada di negara lain daripada di negara sendiri. 

Nah, krisis identitas yang terjadi ini membuat budaya budaya sedikit demi sedikit mulai hilang dan tidak dihiraukan lagi, padahal justru dengan adanya perubahan dengan berbagai teknologi yang sangat canggih ini bisa menyadarkan kita, untuk tetap bisa menjaga hal yang lama, mengambil yang baik dari hal baru dan membuang hal yang buruk, sehingga budaya budaya seperti tarian daerah, lagu daerah, bahasa daerah, rumah adat, dsb, masih tetap dijaga dan dilestarikan, karena siapa lagi yang akan menjaga dan melestarikan budaya kita kalau bukan kita. 

Karena budaya budaya daerah ini merupakan salah satu identitas negara Indonesia, yang menjadi hal menarik dan begitu beragam, toh bagaimanapun Indonesia ini memiliki keberagaman yang berbeda namun tetap disatukan dalam satu semboyan "Bhineka Tunggal Ika".

Apabila kita lihat kembali sejarah, bahwasannya para pahlawan Indonesia berjuang penuh dengan tetes darah dan air mata untuk dapat membentuk sebuah negara yang merdeka, hingga akhirnya mereka percaya bahwasannya dengan bersatu, berdoa dan bekerja keraslah mereka bisa sampai pada tujuan mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan