Mohon tunggu...
Hasbi Habiballoh
Hasbi Habiballoh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 2018 Pendidikan Bahasa Jerman UPI

Mahasiswa KKN UPI Kelompok 4 dengan DPL Dra. Katiah, M.Pd.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Menanggulangi Dampak Covid-19 pada Bidang Pendidikan dengan Kahoot!

24 Juli 2021   23:59 Diperbarui: 25 Juli 2021   00:59 648
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi yang mewabah di dunia saat ini disebabkan virus corona dan penyakitnya dinamakan COVID-19 yang kepanjangannya Corona Virus Disease 2019. Sesuai nama penyakit tersebut, diambil dari nama virus corona dan mulai terdeteksi di tahun 2019. Virus tersebut diduga berasal dari kelelawar atau trenggiling di kota Wuhan, China.

Indonesia masuk ke dalam daftar negara yang terjangkit COVID-19 pada tanggal 2 Maret 2020 setelah diketahui 2 orang Indonesia pertama dengan inisial NT dan MD yang merupakan pasangan ibu dan anak di kota Depok, Jawa Barat. Indonesia termasuk negara dengan jumlah total positif COVID-19 terbanyak di dunia yang berada di peringkat ke-15 per 14 Juli 2021.

Hal ini menyebabkan beberapa sektor kesulitan untuk beroperasi, salah satu di antaranya yaitu bidang pendidikan. Hampir seluruh jenjang pendidikan di Indonesia menutup sekolah dan kampus untuk mencegah penyebaran COVID-19 meluas, sehingga peserta didik pun bahkan pengajar juga harus membiasakan diri dengan pembelajaran jarak jauh secara cepat. Belajar dalam jaringan (daring) sudah berlangsung 1 tahun lebih dan peserta didik sudah mulai bosan dan jenuh, hal ini dapat berdampak pada kemampuan dan hasrat untuk belajar.

Dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) membangun desa dalam bidang pendidikan, penulis melakukan program tersebut di SDN Gudangkahuripan, Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan menargetkan kelas 1, “Anak-anak baru yang belum pernah bertemu (secara luring) saya tidak tahu sifatnya (dalam belajar) seperti apa, jadi tidak bisa memperkirakan bagaimana cara mereka belajar.” ujar Nanin Apriliani, seorang guru di SDN Gudangkahuripan. Setelah mendengar hal tersebut penulis menyarankan dan membantu untuk pembelajaran menggunakan media Kahoot!. Selanjutnya akan penulis menjelaskan mengenai Kahoot! lebih lanjut.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Bila tugas dikemas dalam bentuk yang menarik, diharapkan kemampuan dan hasrat untuk belajar meningkat. Media pembelajaran berbasis permainan terdapat banyak di internet, salah satunya Kahoot!. Kahoot! adalah media pembelajaran yang dikemas seperti permainan. Dengan layanan antarmuka yang warna-warni dapat memanjakan mata, setiap soal dapat diberi waktu, diiringi latar musik yang menyenangkan, ada sistem peringkat sehingga memunculkan suasana kompetitif dan fitur lain-lainnya. Penulis akan memberikan cara untuk membuat soal dengan menggunakan media Kahoot!.

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Akses pranala berikut https://create.kahoot.it/ dan buat akun dengan klik Sign up di bagian paling bawah atau masuk dengan akun Google, Microsoft, atau Apple.
    kahoot.com
    kahoot.com
  2. Klik Create kolom berwarna biru di pojok kanan atas.
    kahoot.com
    kahoot.com
  3. Buat soal seperti contoh di bawah. Question type hanya tersedia 2 yaitu Quiz dan True or False untuk akun yang tidak berlangganan atau gratis. Quiz yaitu seperti pilihan ganda, di mana harus memilih satu jawaban yang benar di antara jawaban lain, True or False harus menebak apakah soalnya benar atau tidak dengan pilih salah satunya, Time limit tersedia dari 5 detik sampai 4 menit, dan points untuk menentukan setiap soal diberi poin biasa, poin dobel atau tanpa poin. Bila ingin menambah soal silakan klik Add question. Bila soal-soal sudah beres dibuat, silakan ke setting untuk pengaturan opsional lainnya.
    kahoot.com
    kahoot.com
  4. Bila sudah selesai dengan langkah di atas, bisa langsung mulai pembelajaran. Klik Library, lalu cari tugas yang dibuat tadi, kemudian klik Play.
    kahoot.com
    kahoot.com
  5. Terdapat 2 pilihan di antaranya Teach dan Assign. Teach yaitu memantau langsung peserta didik dalam mengerjakan soalnya, kalau Assign konsepnya seperti Pekerjaan Rumah (PR), di mana diberi waktu tenggat.
    kahoot.com
    kahoot.com
  6. Mode Teach dan Assign 
    • Teach
      • Setelah klik Teach, akan ada pilihan Classic dan Team mode, bedanya yang Classic mengerjakan sendiri-sendiri dan Team mode mengerjakan bersama-sama. Di bawahnya ada Game options yaitu opsi tambahan (opsional).
        kahoot.com
        kahoot.com
      • Kemudian memilih salah satu dari Classic atau Team mode, tunggu hingga muncul kode, lalu bagikan kodenya ke peserta didik, suruh peserta didik akses pranala https://49.kahoot.it/ atau buka aplikasi Kahoot!-nya, kemudian tunggu hingga semuanya masuk dan mulai tugasnya.
        kahoot.com
        kahoot.com
    • Assign
      • Bila memilih Assign akan ada pengaturan di antaranya deadline/masa tenggat dan opsi opsional lainnya, silakan atur sesuai kebutuhan. Bila sudah selesai klik Create.
        kahoot.com
        kahoot.com
      • Setelah itu akan diarahkan ke bagian Reports, ada pranala dan kode tugas, bagikan ke peserta didik, suruh peserta didik akses pranalanya atau buka aplikasi Kahoot!-nya. Tunggu mereka menyelesaikan tugasnya.
        kahoot.com
        kahoot.com
  7. Langkah terakhir yaitu cek bagian Reports untuk melihat hasil tugas mereka. Untuk lebih detailnya dengan klik tugasnya, nanti akan ada hasil yang mendetail.
    kahoot.com
    kahoot.com

Referensi:

https://www.liputan6.com/. Diakses pada 22 Juli 2021. Alasan WHO beri nama virus corona wuhan jadi COVID-19.

https://www.halodoc.com/. Diakses pada 22 Juli 2021. Kronologi lengkap virus corona masuk Indonesia.

https://www.tribunnews.com/. Diakses pada 22 Juli 2021. Indonesia peringkat ke-15 kasus corona dunia per 14 Juli 2021 dengan total 2.670.046 kasus positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun