Mohon tunggu...
Hasbi Ash Shiddiq Adiman
Hasbi Ash Shiddiq Adiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sebagai Mahasiswa yang Aktif di Kampus

Seseorang yang menyukai kegiataan traveling ke sesuatu tempat dan suka berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Makassar

Sejarah, Partisipasi, dan Bentuk Kegiatan Pelaksanaan Makassar International Eight Festival and Forum (Tahun 2022)

16 September 2022   22:41 Diperbarui: 16 September 2022   23:14 96 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sejarah Pelaksanaan

Makassar, sebuah kota besar yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki banyak ragam budaya serta jiwa penduduk yang lumayan banyak di Provinsi Sulawesi Selatan. Pemerintah kota Makassar sendiri, telah mempunyai sebuah agenda yang sangat besar yang memungkinkan partisipasinya lebih dari banyaknya warga masyarakat sekitar Makassar. Acara tersebut yang dimaksud adalah Makassar International Eight Festival and Forum yang pelaksanaanya sudah terjalankan mulai dari tahun 2016 hingga tahun ini, dan sempat acara tahunan ini terhenti pada tahun 2019 akibat adanya pandemic Covid-19.

Festival tahun ini dijuluki Eight Festival, atau F8. F8 dinamai berdasarkan potensi kreatif festival, yang meliputi Fashion, Food, Fiction Writers & Fonts, Fine Art, Folks, Fusion Music, Flora &Fauna, dan Film. Dan semuanya didasarkan pada tradisi dan budaya lokal. Acara F8 yang sering disebut oleh masyarakat sekitar Makassar, pada tahun ini dilaksanakan pada bulan September, lebih tepatnya dibuka secara resmi pada tanggal 7 September 2022 dan berlangsung selama 5 hari serta ditutup acara tersebut pada tanggal 11 September 2022 berletak di Anjungan Pantai Losari Makassar.

"Sulawesi Selatan menjadi pilar utama dalam pariwisata. Pariwisata di Makassar adalah hal utama yang menghubungkan kita semua ke segala lini. Kedepannya, kami bertujuan untuk menjadikan Makassar sebagai perpaduan wisata laut yang indah dan mengagumkan" kata Esti Reko Astuti, Deputi Direktur Pemasaran dan Pengembangan Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata, dikutip dari Balipost.com tahun 2017.

Partisipasi Acara F8 2022

Perhelatan Makassar International Eight Festival and Forum memanggil kepada seluruh masyarakat Makassar, dan juga menggaetkan para wisatawan dari manca negara untuk melihat dan menyaksikan festival. Terlihat sangat mengangumi dan menikmati dari beberapa acara serta berbaagi festival foodcourt dan fashion dan lainnya dalam acara tersebut. Acara ini juga dihadiri Bapak Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif langsung dalam masa pembukaan acara tersebut. 

Bapak Menteri mengatakan "Ini pagelaran yang sangat spektakuler dari 8 subsektor. Kami meyakini F8 Makassar in mampu menjadi magnet bagi wisatawan dan F8 bisa menggerakkan ekonomi khususnya dalam target 1,1 juta lapangan pekerjaan di tahun ini". F8 tahun ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Makassar bekerjasama pihak swasta, dengan menelan anggaran 8 miliar rupiah.

Berbagai UMKM serta unit BUMN juga para brand fashion lokal serta seniman dan musisi ternama yang hadir dalam acara tersebut, ikut meemeriahkan serta membawa suasana pada festival tersebut semakin ramai dengan para pengunjungnya yang daru berabagai daerah serta manca negara.

Bentuk Kegiatan Acara F8 2022

Dalam mempersiapkan acara F8 ini yang nantinya agar berjalan dengan lancar, maka pemerintahan kota Makassar dengan dinas pariwisata serta warga setempat telah mensterilkan kawasan sekitar anjungan pantai losari sejak awal September mula. Tujuannya tidak lain agar supaya tempat yang akan dijadikan festival tersebut terlihat tertib dan rapih.

Kegiatan pada tahun ini mengambil tema "Energy of Recover" ini, telah memulai rotasi kegiatannya mulai pada 7 September 2022 pukul 13.00 WITA untuk penertiban tempat guna pembukaan festival tersebut. Mulai pukul 14.00 WITA, para tamu undangan VIP dan VVIP sudah memasuki kawasan pangung utama di anjungan pantai losari tersebut, sedangkan para pengunjung juga diperbolehkan dengan membeli tiket terlebih dahulu dengan harga Rp 10.000,- per orang untuk dapat menikmati acara tersebut dengan khidmat.

Pembelian tiket pengunjung baru dilaksanakan pada tahun ini, melihat tahun-tahun sebelumnya para pengunjung dapat memasuki kawasan acara tersebut secara gratis. Namun, dengan peraturan pembelian tiket tahun ini, tidak membuat para pengunjung tidak ada rasa ingin menikmati acara nya.

Direktur Utama PT Festival 8, Sofyan Setiawan mengatakan, acara dimulai pada pukul 17.00 WITA dengan beberapa atraksi yang ditampilkan, seperti atraksi udara dan laut, terjun payung, paramotor, jet tempur, fly board, jet sky, dan pinisi. "Atraksi berlangsung hingga menjelang magrib," ucapnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan