Mohon tunggu...
PENAKU
PENAKU Mohon Tunggu... Milenial Inspiratif

Kreatif dan terdepan berkarya nyata untuk dunia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Politeknik Kutaraja Adakan Pembinaan dan Pembekalan Tim PKM 2021

24 Februari 2021   00:10 Diperbarui: 24 Februari 2021   00:23 179 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Politeknik Kutaraja Adakan Pembinaan dan Pembekalan Tim PKM 2021
Pembinaan dan Pembekalan Tim PKM oleh Wadir. Non Akademik Politeknik Kutaraja | dokpri

Banda Aceh - Politeknik Kutaraja, melalui Bidang Kemahasiswaan yang di arahkan langsung oleh Wakil Direktur Non Akademik, melaksanakan pembinaan dan pembekalan (coaching) secara langsung terhadap Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI).

PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2021 di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. 

PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dan proposal yang diunggah mahasiswa.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) secara umum bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila, serta memandu mahasiswa menjadi pribadi yang: 

 1. Tahu dan taat aturan
 2. Kreatif dan inovatif
 3. Objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Wakil Direktur Non Akademik Politeknik Kutaraja, Hadi Muttaqin, berharap program ini benar-benar memberikan bekas pada setiap diri mahasiswa dan pihak manajemen pun sangat serius dalam melakukan pembinaan dan pembekalan terhadap mahasiswa guna mendapatkan hasil yang maksimal hingga memperoleh pembiayaan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) tahun pendanaan 2021.

"Berkat kegigihan mahasiswa dan keseriusan Manajemen dalam melakukan pembinaan dan pembekalan, insyaallah kita optimis akan mendapat pendanaan dan lolos ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) tahun 2021," ujar Hadi Muttaqin.

Secara garis besar PKM ini dikelompokkan kedalam tiga, yaitu :
PKM lima bidang yang terdiri dari : 

PKM Riset, PKM Kewirausahaan,
PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Penerapan IPTEK, PKM Karsa Cipta.

PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN