Mohon tunggu...
Hasbi Ardhani
Hasbi Ardhani Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Seorang pembelajar.

Volunteer Sosial Kemanusiaan.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

The 5 Am Club

9 Maret 2022   22:40 Diperbarui: 9 Maret 2022   22:49 1499 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buku ini tergolong kategori Self Improvement judulnya THE 5 AM CLUB penulisnya Robin Sharma. 

Saya awali rangkuman buku ini dengan sebuah pertanyaan "emang bener ya orang sukses itu selalu bangun pagi? Paginya jam berapa? Apa harus jam 5? Bagaimana jika sebagian dari kita menjadikan siang sebagai waktu yang produktif?". 

Oh iya, buku ini ditulis oleh seorang dengan aliran humanis, berkebangsaan Kanada dalam kurun waktu 4 tahun. Buku ini sudah diterjemahkan ke berbagai Bahasa di dunia, salah satunya Indonesia. Sharma menulis sesuai dengan bidang keahliannya yaitu kepemimpinan, pengembangan diri, dan bagaimana mempengaruhi orang lain atau motivasi lah Bahasa mudahnya. 

Alasan saya kenapa suka buku ini adalah actionable insight yang bisa langsung kita implementasikan pada kehidupan sehari-hari, buku ini tidak hanya bicara teori apalagi bercerita, tapi dilengkapi dengan pola-pola praktik kecil. Praktik itu mampu merubah kebiasaan bila dilakukan secara konsisten dan akhirnya merubah pola hidup kita. 

Di dalam buku ini juga ada banyak cerita-cerita fiksi yang tidak nyata namun memiliki hikmah yang penuh arti. Sharma dengan sangat lihai mampu mengambil kesimpulan dan hikmah di setiap akhir ceritanya, dan itu sangat berhubungan dengan kehdiupan sehari-hari. 

Buku ini sekitar 448 halaman. Di dalamnya mengandung tiga (3) ide besar atau Bahasa kerennya Big Ideas. For getting something above average, we must also want to do something above average. 

Untuk bisa sukses dan menjadi di atas rata-rata, kita harus mau melakukan sesuatu yang tidak semua orang lakukan That's Life brooo and sisss. Itu semua orang juga tau, tapi tidak semua orang mau melakukan hal tersebut. Contohnya, makan makanan yang sehat, tidak menunda sesuatu, mau menunda kebahagiaan dan mampu menikmati pahitnya perjuangan, termasuk BANGUN PAGI

Sharma memberikan semacam framework yaitu Pertama 20/20/20 maksudnya adalah rutinitas pertama di pagi hari saat kita bangun tidur. 20 menit pertama itu lakukan hal-hal yang membuat kita berkeringat seperti lari-lari kecil atau push up. 

Hal itu karena saat kita berkeringat, akan membantu mengurangi jumlah hormon kortisol di dalam tubuh dan menghasilkan protein BDNF yang ternyata mampu memperbaiki koneksi sel-sel yang ada dalam otak. 

Tujuannya adalah agar kita menyadari diri dan aktivitas apa yang selanjutnya kita lakukan. 20 menit kedua bisa dimanfaatkan untuk meditasi, sholat, dan atau merenungkan masa lalu hahaha. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan