Mohon tunggu...
Hasan Buche
Hasan Buche Mohon Tunggu... Guru - Diam Bukan Pilihan

Selama takdiam jalan akan ditemukan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengintip Kontestan di Quarter Final Euro 2020

30 Juni 2021   12:53 Diperbarui: 30 Juni 2021   19:53 155 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Kontestan di Quarter Final Euro 2020
Sumber: cnnindonesia.com

Catatan Sepakbola Hasan Buche

Mengintip tim-tim yang berhasil bertengger di quarter final Piala Eropa 2020 benar-benar di luar dugaan banyak orang. Di sana ada Swiss, Spanyol, Belgia, Italia, Republik Ceko, Denmark, Ukraina, dan Inggris.

Saat di 16 besar, Swiss mengejutkan dunia dengan mempermalukan Perancis dengan skor akhir 5 - 4 setelah dalam perlawanan di waktu normal berakhir imbang 3 - 3. Padahal semua orang memprediksi Perancis akan dengan mudah melenggang ke babak 8 besar karena selain punya tradisi yang bagus di Euro, Perancis juga dihuni bintang-bintang yang mentereng genjreng. Tapi kenyataannya, Swiss berhasil memaksa Perancis mengemas koper lebih cepat.

Drama bahkan sebenarnya sudah terjadi sejak babak kualifikasi. Beberapa tim unggulan ada yang bersusah payah lolos. Sejumlah negara non-unggulan juga di luar dugaan mampu menembus putaran final lebih awal.

Di partai penutup gelaran 16 besar yang memberlakukan sistem knock-out ini, kejutan drama kembali berlangsung. Inggris mengikuti Swiss, menjungkirbalikkan ramalan dan prediksi pengamat maupun analis sepakbola. Inggris sukses dengan meyakinkan menggulung Jerman yang digadang-gadang bakal kembali keluar sebagai juara dengan skor 2 - 0.

Fase knock-out, babak 16 besar sudah kelar digelar. Kontestan yang akan berlaga di babak 8 besar sudah dipastikan. Prediksi dan ramalan harus kembali diperbaiki. Semua menebak-nebak, akankah kembali terjadi keajaiban. Fakta di lapangan tidak sabar kita saksikan.

Baik, sambil menunggu dihelatnya partai 8 besar, saya mencoba merawat ingatan kita dengan memberikan informasi daftar juara dari 1960 hingga terakhir 2016.

Berikut ini daftar peraih juara Piala Eropa dari waktu ke waktu.

1960 - Uni Soviet (2-1 vs Yugoslavia)

1964 - Spanyol (2-1 vs Uni Soviet)

1968 - Italia (1-1, 2-0 [replay] vs Yugoslavia)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN