Mohon tunggu...
Hasanah Harsoyo
Hasanah Harsoyo Mohon Tunggu... Lainnya - Just an ordinary girl

Hanya perempuan biasa yang selalu ingin memperluas pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

[Surat Pembaca] Penyalahgunaan Data Diri Saya

26 November 2020   16:48 Diperbarui: 26 November 2020   17:03 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkap layar jooble, dok. pribadi

Selamat sore, saya ingin meyampaikan apabila ada yang menggunakan atau menyalahgunalan data diri yaitu KTP maupun Ijazah s1 saya atas nama HASANAH HARSOYO itu bukan saya.


Pada hari rabu malam tgl 25 November 2020 saya sedang mencari informasi mengenai lowongan kerja melalui web dan ini screenshotnya. Setelah itu saya melihat lowongan kerja bank mandiri saya tertarik kemudian saya klik link form google yang disediakan. Kemudian saya upload data diri saya dan CV maupun bukti pendukungnya.  

[Linknya]

Tangkap layar jooble, dok. pribadi
Tangkap layar jooble, dok. pribadi
Dalam keterangan lowongan kerja itu saya diminta melampirkan data diri, oleh karena itu saya upload beserta ktp ijzah maupun scan sertifikat-sertifikat pelatihan saya.  Saya baru sadar ada hal yang janggal saat saya sudah mengirim form, biasanya setelah saya mengirim tanggapan di google form ada menu untuk “edit tanggapan” namun ini tidak ada ada, dan saya pun tidak menerima email pemberitahuan bahwa saya sudah mengirim tanggapan. Dan saat saya searching di google ternyata banyak penyalahgunaan data dan pencurian data diri yang berasal dari lowongan kerja, untuk menipu, untuk peminjaman online atas nama orang lain dan tindak kejahatan lainnya. Oleh karena itu kita harus lebih berhati-hati dan lebih waspada saat melamar kerja dan mengupload data diri terutama secara online atau di media sosial.

[Link google formnya]

[Link google form 2]

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dok. pribadi
 
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Mohon apabila ada yang menggunakan atau menyalahgunakan data diri saya atas nama HASANAH HARSOYO itu bukan saya.

Terimakasih dan untuk para pembaca sebisa mungkin kroscek dulu lowongan kerja yang akan kita apply dan sebisa mungkin jangan mengirimkan atau menyerahkan data diri pribadi berupa foto atau NIK KTP saat melamar kerja terutama melalui online. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan tindak kejahatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun