Mohon tunggu...
Hasan
Hasan Mohon Tunggu... Penulis - Writer & Urban Planner

"Menulislah jika engkau tidak ingin dilupakan oleh sejarah"

Selanjutnya

Tutup

Film

Negoisasi Pertukaran Tahanan dalam Film "Bridge of Spies"

25 September 2021   20:43 Diperbarui: 25 September 2021   20:48 80 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Negoisasi Pertukaran Tahanan dalam Film "Bridge of Spies"
Bridge of Spiessumber: https://www.liputan6.com/

Bridge of Spies adalah film bergenre drama history yang dirilis pada tanggal 16 Oktober 2015. Film berdurasi 2 jam 22 menit ini digarap oleh sutradara kenamaan Steven Spielberg. Film ini diperankan oleh James B. Donovan (Tom Hanks), Rudolf Abel (Mark Rylance), Mary McKenna Donovan (Amy Ryan), Wolfgang Vogel (Sebastian Koch), Thomas Watters (Alan Alda), Francis Gary Powers (Austin Stowell), Cia Hoffman (Scott Shepherd), Doug Forrester (Billy Magnussen), Carol Donovan (Eve Hawson), Peggy Donovan (Jillian Leiblig), Roger Donovan (Noah Schnapp), Joe Murphy (Jesse Plemons), Williams (Michael Gaston), Allen Weish Dulles (Peter McRobbie), Blasco (Domenick Lombardozzi), dan Frederic Pryor (Will Rogers).

Film ini menceritakan bagaimana ketegangan Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam perang dingin. Plot cerita ini diawali dengan tertangkapnya Rudolf Abel oleh CIA karena dianggap mata-mata Uni Soviet. Abel disidang dipengadilan dan diancam hukuman mati. Dalam kasus ini James B. Donovan yang merupakan seorang pengacara asuransi dari Brooklyn diminta oleh kliennya untuk membela Rudolf Abel dari tuduhan mata-mata. Dengan kepiawainnya, Donovan berhasl menghindarkan Rudolf Abel dari hukuman mati dengan secara cekatan menyarankan bahwa mata-mata Soviet yang dipenjara akan mewakili aset perdagangan yang signifikan jika Amerika Serikat berakhir dalam negosiasi masa depan dengan Uni Soviet.

Namun pada saat yang bersamaan, pilot Amerika Serikat Francis Gary Powers juga tertangkap setelah pesawatnya jatuh di langit Uni Soviet.  Selain itu, terdapat masalah lain yaitu tertangkapnya mahasiswa asal Amerika Serikat bernama Frederic Pryor di wilayah Jerman Timur.

Proses Negoisasi Pertukaran Tahanan 

Masing-masing pihak yang tertangkap yakni Abel dan Powes tidak membocorkan rahasia apapun. Oleh karena itu kedua negara yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet sepakat melakukan perundingan penukaran tahanan antara Abel dengan Powers. Donovan diutus sebagai perwakilan Amerika Serikat untuk menghadiri perundingan tersebut. Perundingan ini diselenggarakan secara tertutup.

Penahanan Frederic Pryor oleh Jerman Timur sebenarnya tidak dipedulikan oleh Pemerintah Amerika Serikat. Namun, Donovan memiliki hati nurani. Dia mengatakan bahwa bagaimanapun Pryor adalah warga Amerika Serikat. Donovan juga ingin bernegoisasi dengan pihak Jerman Timur. Akhirnya Amerika Serikat menyetujui dengan catatan bahwa upaya untuk melepaskan Pryor tidak berdampak buruk pada pertukaran Abel dengan Powers.

Strategi Negoisasi

Dalam film ini, ada 3 negara yang terlibat dalam negoisasi yaitu Amerika Serikat, Uni Soviet dan Jerman Timur. Perlu kita ketahui bahwa ada 2 orang Amerika Serikat yang tertangkap (Powers di Uni Soviet & Pryor di Jerman Timur). Uni Soviet dan Jerman Timur dalam perang dingin merupakan 2 negara yang saling berhubungan baik. Melihat kondisi ini, Donovan dengan kejeliannya mengambil strategi negoisasi sebagai berikut:

  1. Perundingan pertukaran Abel dengan Powers disepakati oleh kedua belah pihak (Uni Soviet & Amerika Serikat). Namun karena Pryor juga tertangkap di Jerman Timur, maka Donovan bernegoisasi untuk penukaran 2 tahanan orang Amerika Serikat dengan 1 tahanan orang Uni Soviet.
  2. Dalam proses perundingan dengan Jerman Timur, Donovan memberikan ancaman bahwa jika Jerman Timur tidak menyetujui negoisasi ini, maka dia akan membatalkan penukaran tahanan. Tentunya, jika ini dibatalkan maka akan membuat hubungan Jerman Timur dengan Uni Soviet retak. Jerman Timur akan dianggap sebagai penghambat negoisasi Uni Soviet dengan Amerika Serikat.

Semua pihak sepakat dengan penukaran Powers dan Pryor dengan Abel. Penukaran Power dengan Abel berlangsung di Berlin tepatnya disebuah jembatan bernama "Glienicke". Adapun Pryor dilepas di Tembok Berlin melalui "Checkpoint Charlie". Ini berlangsung secara bersamaan. Jembatan tempat penukaran Powers dengan Abel akhirnya dikenal dengan nama "Bridge of Spies".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan