Mohon tunggu...
Harun Arrasyid
Harun Arrasyid Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa IAIN Jember

Seorang yang berpetualangan mencari hal unik, kreatif dan membangun

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jejak Islam di Bumi Andalusia

5 April 2020   14:55 Diperbarui: 5 April 2020   15:07 200 4 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jejak Islam di Bumi Andalusia
Sumber Gambar :

is.gd/9vPYt0


Islam  pertama kali masuk ke Spanyol pada tahun 711 M melalui jalur Afrika Utara. Sebelum islam datang ke Spanyol, Spanyol bernama Andalusia di bawah pimpinan Bangsa Vandal.
Pada masa kejayaan Islam di Spanyol,perkembangan kebudayaan berkembang sangat pesat. Diberbagai kota di jadikan sebagai pusatnya antara lain:
*Cordoba
*Medina Azahra
*Sevilla
Di kota Medina Azahra inilah
Pusat perkembangan kebudayaan sangat berkembang pesat, khususnya pada bidang ilmu pengetahuan, politik dan budaya. Perkembangan ini di mulai sejak panglima besar islam Thoriq bin Ziyad berhasil menguasai Andalusia yang sekarang bernama Spanyol, pada tahun 711 M.



Medina Azahra di kenal sebagai kota yang bersinar ini merupakan isatana dan pusat pemerintahan islam pada tahun 900-an masehi yang di bangun oleh khalifah Abdurrahman III dari Bani Umayyah.Medina Azzahra terletak sekitar 13 km dari pusat kota Cordoba. Situs peninggalan ini ditemukan oleh para arkeolog pada tahun 1910 silam. Sejak saat itu, dimulailah penggalian dan penelitian reruntuhan Medina Azzahra hingga pada 1923, situs ini dinyatakan sebagai situs bersejarah. Di tahun 2018, Medina Azzahra masuk ke dalam salah satu warisan budaya dunia oleh Unesco.
Di kota Andalusia ini, banyak melahirkan cendekiawan-cendekiawan terkemuka. Antara lain : Ibnu rush dan Ibnu Khaldun
Kota Medina Azahra juga mempunyai Perpustakaan  besar yang mampu menampung sekitar 4000 pengunjung. Koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan ini sangat lengkap hingga di jadikan sebagai rujukan utama dalam bidang ilmu pengetahuan.
Kota Medina Azzahra konon di bangun oleh khalifah Abdurrahman III untuk membahagiakan istrinya yang bernama Azzahra. Yang sangat rindu dengan kampung halamannya. Namun kejayaan kota Medina Azzahra tidak begitu lama, banyak terjadi pemberontakan, kudeta serta serangan dari Pasukan Barbar yang mengambil alih kota tersebut.
Kini kota Medina Azzahra juga bisa di nikmati sebagai objek wisata peninggalan zaman dulu. Dan menjadi situs warisan dunia sejak di tetapkan oleh Unesco pada tahun 2018.

Sumber Vidio : Channel Youtube Netmediatama

Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan