Mohon tunggu...
Harun Al Rasyid
Harun Al Rasyid Mohon Tunggu... Freelancer - (21107030019)

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Khotbah Jum'at: Keberagaman Sebagai Kekuatan dalam Berbangsa dan Bernegara

25 Mei 2022   18:40 Diperbarui: 25 Mei 2022   18:43 663 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 KEBERAGAMAN SEBAGAI KEKUATAN DALAM BERBANGSA DAN BERNEGARA

Oleh : Harun Al Rasyid

.

,

Dewan Hakim yang arif dan bijaksana dan saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air yang berbahagia

Pertama dan yang paling utama marilah kita ucapakan puja dan puji syukur kehadirat Allahu rabbuna yang telah mencurah taufik,hidayah dan inayahNya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di arena yang dirahmati Allah swt.

Shalawat beriringkan salam kita doakan kepada Allah semoga disampaikan kepada jujungan alam putra Abdullah sijantung hati Aminah intannya kota Makkah dan mutiaranya kota Madinah yang mana beliau telah berhasil menancapkan panji-panji kebenaran, obor-obor kemenangan dipersada dunia yang berlandaskan ajaran islam.

Keberagaman dalam satu negara bukan penghalang untuk memajukan suatu negara, kemajuan atau kemunduran suatu Negara sanagat tergantung persatuan dan kesatuan bangsanya, bangsa yang makmur adalah bangsa yang bersatu sedangkan bangsa yang hancur adalah bangsa yang berseteru.

Kita patut berbangga bahwa negara kita ini, adalah Negara yang kaya raya akan agama, suku, dan bahasa. Tapi yang perlu kita ingat hadirin....seharusnya perbedaan, kemajemukan, dan keragaman tersebut membuat kita lebih kuat dan lebih hebat. Hindari paham Rasisme dan diskriminisme karena paham tersebut merupakan paham yang sangat paradoks dengan kemajemukan.

Lalu bagaimana upaya kita dalam mempertahan persatuan dan kesatuan dalam keberagaman ini sebagai jawabannya kami akan menyampaikan syarahan qur'an yang berjudul" KEBERAGAMAN SEBAGAI KEKUATAN DALAM BERBANGSA DAN BERNEGARA" dengan landasan surah Al- Hujurat ayat 13 berikut ini:  

Artinya : Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan