Mohon tunggu...
Bert Toar Polii
Bert Toar Polii Mohon Tunggu... Saya adalah penggemar olahraga bridge yang sangat fanatik dan ingin berbagi tentang berbagai kelebihan dan manfaat olahraga ini. Waktu luang saya digunakan untuk memperkenalkan tentang kampung saya Tondano.

Saya adalah penggemar olahraga bridge yang sangat fanatik dan ingin berbagi tentang berbagai kelebihan dan manfaat olahraga ini. Waktu luang saya digunakan untuk memperkenalkan tentang kampung saya Tondano.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Memahami Aturan dan Konvesi Dasar Bridge

7 Juni 2020   13:03 Diperbarui: 7 Juni 2020   12:53 32 0 0 Mohon Tunggu...

Memahami Aturan & Konvensi Dasar Bridge

Oleh : Bert Toar Polii

Olahraga bridge di Indonesia telah berkembang pesat dan menarik kaum pelajar/mahasiswa untuk menekuninya.

Ini diawali tahun 2002 saat program Bridge Masuk Sekolah terutama juga ditemukan program mini bridge atau cara mengajar bridge yang tidak membosankan.

Namun sayangnya walaupun telah diterbitkan oleh PB Gabsi beberapa buku petunjuk dasar mengajar baik mini bridge maupun bridge hamper tidak ada yang menggunakannya saat mengajar.

Akibatnya banyak pemain paham bermain bridge tapi tidak mengenal aturan dasar dan konvensi dasar yang wajib diketahui.

Dulu memang sedikit bermasalah karena umumnya buku bridge berbahasa Inggeris dan harganya cukup mahal dan sulit dibeli langsung di toko buku karena tidak ada yang menjualnya di Indonesia.

Beruntung sekarang masalah ini sudah teratasi dengan banyaknya literature tentang bridge yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Problem bahasa juga teratasi dengan adanya "google translate" yang memudahkan.

Penulis ingin membahas hal ini karena membaca protes seorang pemain yang mengikuti Pelangi Invitational Master Pairs pada Sabtu 6/6/2020.

Ia mengajukan protes karena jalannya penawaran yang terjadi di mejanya.

Papan 2/T/US

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x