Bert Toar Polii
Bert Toar Polii profesional

Saya adalah penggemar olahraga bridge yang sangat fanatik dan ingin berbagi tentang berbagai kelebihan dan manfaat olahraga ini. Waktu luang saya digunakan untuk memperkenalkan tentang kampung saya Tondano.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Alumni SMANTO Gelar Lomba Pidato Bahasa Tondano

8 Oktober 2018   14:29 Diperbarui: 8 Oktober 2018   15:24 469 0 0

Tanpa terasa Lomba Pidato Bahasa Tondano telah memasuki tahun ketujuh tahun ini. Awalnya ide Lomba ini muncul pada tanggal 19 Januari 2012 oleh Prof. Dr. Fabian J Manoppo yang sekarang menjadi Dekan Fakultas Teknik Unsrat.

Ketika itu dia menulis di wall group Belajar Bahasa Tondano yang diasuh oleh Bert Toar Polii sekaligus Admin dari group ini dan didirikan pada bulan Nopember 2010.

Gayung bersambut ketika banyak pihak mendukung ide ini termasuk pengarang Kamus Kamus Melayu Manado-Indonesia-Tondano, Boeng Dotulong yang bermukim di Belanda.

Hal yang sama juga dilakukan oleh LSM Toudano Waya dan banyak lagi orang Tondano yang berada di perantauan mendukung ide ini.

Selanjutnya terjadi komunikasi dengan SMA Negeri 1 Tondano atau yang dikenal dengan SMANTO dan Kepala Sekolah serta para guru langsung mendukung.

Event pertama tahun 2012 terlaksana dengan sukses di SMA Negeri Tondano bahkan bisa disiarkan langsung melalui live-streaming ke seluruh dunia. Ketika itu live-streaming masih menjadi barang langka beda seperti saat ini dan ini semua bisa terjadi karena bantuan Fabian J Manoppo. Orang Tondano di “pasengkotan” mengaku sangat terhibur menonton acara ini.

Pemda Minahasa dibawa pimpinan Bupati Minahasa Jantje W Sayow kemudian menjadikan Lomba ini menjadi acara tetap tahunan dan diselenggarakan di Sasaran Tondano di panggung utama perayaan HUT Minahasa. Ibu Bupati Olga Singkoh yang memang asli Tondano dan fasih berbahasa Tondano sangat antusias mendukung acara ini.

Ternyata hal yang sama juga dilakukan oleh Bupati Minahasa Roy Roring yang juga ikut mendukung acara ini sehingga tetap berlanjut seperti biasa.

Tahun ini merupakan pertama kali Alumni SMANTO aktif berperan mensukseskan acara ini. Dukungan dari Harry Montolalu, Carlo Tewu, Decky Wagey dan  Esthy Kucera, Lingkan Walalangi yang bersedia menjadi Pembina Panitia Pelaksana sekaligus mendukung penyelenggaraan sangat berarti buat usaha pelestarian Bahasa Tondano.

Belum lagi dukungan yang tak henti-hentinya dari Sanggar  Bapontar pimpinan Beiby Luana Sumanti serta berbagai pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Tahun ini yang menjadi Panitia Pelaksana adalah Guru-guru SMANTO dibawah pimpinan Nova Lomboan S.Pd. Lomba Pidato Bahasa Tondano yang mempertandingkan kategori umum, SD, SMP dan SMA telah mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan Daerah Cabang Dinas Tomohon-Minahasa dengan surat rekomondasi yang dikirim Kepala Dinas Merlinda G.M.S Mamesah, S.Pd.

Selain itu juga mendapat dukungan penuh dari DR.Arody.A.Tangkere MAP  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa.

Lomba akan diselenggarakan di Stadion Maesa, Sasaran Tondano pada tanggal 1 Nopember 2018 dimulai pukul 08.00 WIT.

Bagi yang berminat bisa menghubungi Panpel melalui :

CP Nova Lomboan 085342565205,Silvana Polii 082187109992,Imelda Moonik,082198875446 Hartini Ngadiredjo 085343775628.