Mohon tunggu...
Hartono
Hartono Mohon Tunggu...

Mahasiswa Pendidikan Musik (sendratasik) FBS, UNP

Selanjutnya

Tutup

Musik

When The Music's Over - The Doors

19 Maret 2019   00:15 Diperbarui: 19 Maret 2019   04:55 0 0 0 Mohon Tunggu...
When The Music's Over - The Doors
images-5c90132f3ba7f7228210be72.jpg

       sumber : en.wikipedia.org

When The Music Over adalah sebuah lagu yang di populerkan oleh band yang bernama The Doors, sebuah band yang dibentuk pada tahun 1965 di kota Los Angeles, California dengan jumlah personil 4 orang Jim Morrison (vocalis), Ray Manzarek (keyboardis), John Densmore (drummer), dan Robby Krieger (gitaris). The doors membawakan musik aliran Rock psychedelic, Blues rock, dan Acid rock. Melalui lirik-lirik lagu yang cukup kontroversi menjadikan The doors band yang cukup fenomenal pada saat itu, tidak hanya itu The Doors memiliki keterbatasan personil yaitu tidak memiliki bassis namun hal itu tidak menghalangi The Doors untuk berkarya dengan  menggunakan modul bass pada keyboard  yang dimainkan dengan tangan kiri nya sebagai alternatif sehingga pola bass yang dinggunakan agak bersifat kurang fleksibel namun hal itu menjadikan ciri khas pada The doors sendiri.

Salah satu lagu The Doors yang cukup Fenomenal dengan judul "When the Music Over"  sebuah lagu yang diciptakan oleh Jim Morrison dirilis pada september 1967 dalam album kedua mereka "Strange Days" . Lagu ini bergenre rock psychedelic ,karena the doors. Dalam lagu "when the music over" ini Jim Morrison ingin menyampaikan betapa dia mengistimewakan musik bahwa musik merupakan api kehidupan. Ketika api itu berhenti, begitu pun semngat hidup.

Lagu When The Music Over ini ditulis oleh Jim Morrison awalnya dalam bentuk sebuah syair yang kemudian di transformaskan kedalam  sebuah lagu sehingga pada bagian tertentu musik terpaksa menahan agar bisa dipaskan pada masuk lirik berikutnya. Hal unik lain nya pada lagu ini adalah judul lagu yang biasanya di ambil atau di munculkan pada saat reff  bahkan malah langsung muncul dari liric pertama dari lagu hal ini di sebabkan karena lagu ini berawal dari syair.

Lagu "when the music over" ini di mainkan dengan nada dasar E minor dengan time signature 4/4 , dengan banyak melakukan pengulangan motif dengan ada motif yang berbeda di tengah-tengah lagu . Lagu ini memiliki durasi yang cukup lama yaitu kurang lebih 12 menit  dibandingkan dengan lagu sederhana pada zaman sekarang ini.
Serangkaian ulasan tersebut merupakan serangkaian fenomena yang dapat saya temukan dalam mengapresiasi dan mengamati lagu tersebut.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x