Mohon tunggu...
Hartono
Hartono Mohon Tunggu... Penulis - Seorang yang suka sekali menulis

"Kurang Cerdas Dapat Diperbaiki Dengan Belajar. Kurang Cakap Dapat Dihilangkan Dengan Pengalaman. Namun Tidak Jujur Itu Sulit Diperbaiki." (Moh. Hatta)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bersaing adalah Seni yang Bermanfaat

8 Mei 2019   18:34 Diperbarui: 8 Mei 2019   18:48 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Haibunda.com

Hari ini putri sulung saya mengirimkan pesan melalui whatsapp tentang usaha cumi bakar yang sedang dia rintis sendiri di tempat dia berada sekarang sejak awal tahun 2019.

 Tempat dimana dia sewa untuk berjualan baru-baru ini menerima penjual baru yang awalnya hanya menjual ayam goreng, namun melihat usaha putri saya ramai dikunjungi pelanggan, penjual baru ini mulai mencoba berjualan produk yang sama.

Untuk seorang anak yang berumur 19 tahun, tentu hal ini membuat hatinya jengkel dan menceritakan semua pengalaman buruk yang di alami kepada saya. Saya hanya sesekali memberikan icon smile dan kiss kepada dia dengan harapan bisa memberikan semangat buat dia. 

Saya tidak banyak memberikan pendapat karena saya pikir percuma meladeni seseorang yang sedang emosi untuk di ajak berdiskusi. Saya dan istri sudah pernah melewati masa-masa itu belasan tahun sebelumnya, jadi saya paham sekali apa yang dia rasakan.

Persaingan dalam dunia usaha tak terelakan bagi siapapun. Baik yang masih pemula atau sudah lama menjalankan suatu usaha. Khususnya bagi remaja yang sudah membaca artikel saya dengan judul "siswa-siswi juga bisa menjadi enterprenuer" hal yang diceritakan oleh putri saya pasti akan dialami oleh kita semua. 

Itulah pentingnya mengapa di bangku sekolah kita belajar untuk berkompetisi, baik dari segi pelajaran ataupun perlombaan-perlombaan yang di adakan di sekolah atau di luar sekolah. Bukan sekedar agar orang tua bangga dan senang tetapi sangat bermanfaat bagi kita yang masih duduk di bangku sekolah untuk terbiasa bersaing dan kompetisi di dunia pekerjaan atau usaha nantinya.

Meningkatkan Motivasi Diri

Dengan adanya pesaing dalam bidang apapun, akan semakin memantapkan tujuan yang ingin kita capai. Baca juga artikel yang saya tulis tentang "memiliki tujuan yang jelas (Part 1)." Dengan bersaing kita akan dapat melihat apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan diri kita. 

Hal ini akan memotivasi diri kita untuk menunjukkan kemampuan terbaik yang kita miliki. Sering saya katakan bahwa orang gagal adalah orang yang berhenti sebelum tujuannya tercapai, selama kita terus berusaha tentunya dengan kemampuan yang kita miliki dan mau belajar mengintropeksi diri dari kelemahan yang kita punya, kita kelak pasti akan menjadi seseorang yang sukses. 

Ingat selalu bahwa tolak ukur kesuksesan sesorang tergantung dari tujuan yang dia harapkan, bukan di nilai atau di bandingkan dengan apa yang telah dicapai oleh orang lain. Sukses bagi kita semua pasti berbeda-beda jadi ga perlu takut untuk bersaing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun