Mohon tunggu...
Harta Saputra
Harta Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pernah belajar di pesantren 6 tahun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Membaca

10 Juni 2021   22:14 Diperbarui: 10 Juni 2021   22:22 37 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membaca
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh: Harta Saputra

Untuk hari ini insyaallah kita akan membahas mengenai tehknik membaca. Dan kita tau bahwa membaca maknanya luas, tapi kali ini kita akan bahas membaca yang ditinjau dari segi terdengar atau tidaknya suara pembaca ketika membaca, ini dibedakan menjadi dua bagian. 

  1. Membaca nyaring

Adalah membaca yang menuntut setiap pembaca untuk memiliki daya fokus yang tinggi dan kecepatan mata yang maksimal, agar ketika membaca pembaca dan pendengar bisa saling kontak dengan baik.

 2. Membaca dalam hati

Adalah membaca yang mana pembaca hanya membutuhkan ingatan visual saja (visual memory). Membaca seperti ini dibedakan menjadi dua bagian pula.

 a. Membaca ekstensif

      Membaca secara luas dan membaca sebanyak mungkin objek bacaan dengan waktu sesingkat mungkin. Atau membaca bagian-bagian penting dalam suatu bacaan. Adapun contoh membaca ekstensif sebagai berikut:

     1) Membaca survey

          Mensurvey bahan bacaan yang akan dipelajari, caranya dengan memeriksa dan meneliti indeks-indeks daftar kata-kata yang terdapat dalam sebuah buku.

      2) Membaca sekilas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN