Mohon tunggu...
Harsya Harsya
Harsya Harsya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah pelajar yang menulis artikel untuk kebutuhan kuliah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peran Interaksi antara Manusia dan Komputer pada Dunia Pendidikan

6 Agustus 2022   12:57 Diperbarui: 6 Agustus 2022   12:59 512 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar : Canva/harsya@jgu.ac.id 

Jakarta - Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface). Interaksi antara manusia dengan komputer mempermudah hal-hal dalam berbagai bidang, seperti halnya pada bidang pendidikan dimana kerap membantu orang-orang yang terlibat dalam dunia pendidikan untuk mempermudah pekerjaan atau sesuatu yang mereka lakukan. 

\Contohnya adalah Pelajar/Mahasiswa yang menggunakan handphone untuk menemukan solusi sebuah permasalahan yang tidak terjawab oleh buku, dan Guru/Dosen yang menggunakan Laptop untuk membagikan materi pelajaran kepada murid-muridnya. Di artikel ini kita akan membahas peran Interaksi antara Manusia dan Komputer dalam Dunia Pendidikan.

Di era globalisasi ini, komputer dapat melakukan banyak hal. Komputer adalah alat yang dapat membantu Anda bekerja lebih cepat. Komputer sangat berguna seperti halnya dalam bidang pendidikan. Di seluruh dunia, komputer digunakan untuk mengakses informasi dan memfasilitasi proses belajar  mengajar. Dan juga dapat menggunakan komputer  untuk meningkatkan kreativitas. 

Dengan kata lain, interaksi manusia-komputer itu sendiri merupakan serangkaian proses, dialog, dan aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer, baik yang  memberikan informasi maupun umpan balik melalui suatu antarmuka untuk mencapai hasil akhir yang diharapkan. Interaksi manusia-komputer meliputi ergonomi dan faktor manusia. Ada beberapa bidang studi yang mempengaruhi perkembangan IMK

  • Ergonomi di mana interaksi manusia-mesin berkaitan dengan bentuk fisik  mesin.
  • Faktor manusia berkaitan dengan  masalah psikologis.
  • Interaksi Manusia Komputer mengkaji bagaimana hubungan yang terjadi antara ilmu desain komputer dengan manusia dan komputer.

Komputer juga dapat membantu siswa membuat karya atau mengekspresikan kreativitas yang dapat dicari di Internet. Begitu banyak pengguna komputer yang merasa nyaman dengan komputer. Kelebihan komputer dalam dunia pendidikan adalah:

  • Pendidik dapat memiliki berbagai pelajaran dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka.
  • Kapasitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat melakukan tugas-tugas kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerakan, suara, video, gambar, dll.
  • Kecerdasan motorik siswa dapat dirangsang dengan adanya pendidikan  berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang  bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka.
  • Komputer merupakan alat bantu atau alat  untuk mempermudah pekerjaan. Namun, kunci terciptanya  pendidikan yang berkualitas berasal dari orang-orang yang menggunakan komputer, baik pendidik maupun siswa. Tanpa  kemauan dan ketekunan siswa untuk belajar, komputer hanya akan menjadi benda mati atau layar tidak ada gunanya.

Komputer juga merupakan alat yang berguna untuk mengekspresikan kreativitas Anda. Jika Anda suka menggambar atau menulis, Anda dapat menggunakan komputer untuk mendukung pekerjaan Anda. Komputer memungkinkan Anda membuat desain sendiri dengan bentuk dan warna yang menarik. Hal yang sama berlaku untuk menulis. Tidak ada lagi esai tulisan tangan dengan pena dan kertas. Semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan teratur dengan komputer. 

Kita dapat menyusun atau menulis esai halaman demi halaman. Saat ini, komputer memungkinkan kita untuk melakukan segala sesuatu dengan cepat dan optimal. Hampir semua orang di  dunia tahu tentang komputer dan  banyak  orang  menggunakan komputer. Apalagi sekarang sudah banyak handphone dan modem yang bisa digunakan untuk internetan. Banyak pengguna komputer mengunjungi situs Internet begitu sering sehingga mereka lupa waktu. Beberapa bahkan dengan senang hati menghabiskan uang untuk membeli pulsa agar bisa membuka Facebook daripada makan.

Tetapi dari banyak keuntungan yang didapat dari komputer, ada dampak negative yang muncul dari komputer, yaitu :

  • Dengan adanya fasilitas komputer sebagai sarana hiburan seperti chatting dan games, banyak orang  yang merasa puas melupakan tugas dan tanggung jawabnya seperti belajar dan bekerja.
  • Mengunjungi situs web yang menampilkan gambar atau video porno dapat merusak moral.
  • Banyak  penipuan dilakukan dengan membuat situs web untuk menghasilkan uang dengan mudah. 
  • Pemrogram yang dikenal sebagai peretas yang dapat memperoleh data seseorang untuk diperdagangkan dan merusak sistem orang.

Tetapi  semua  baik  buruknya menggunakan komputer tergantung pada pengguna komputer itu sendiri. Di atas segalanya, menggunakan komputer memiliki banyak aspek positif, seperti  mempermudah pekerjaan dan memberikan informasi. Tapi itu semua kembali ke pengguna komputer itu sendiri.

Ditulis oleh Harsya dan Risma Ekawati

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan